Terpopular

Featured Post

Label

Followers

Skip to main content

7 Tempat Wisata di Tanjungpinang

7 Tempat Wisata di Tanjungpinang -  Banyak tempat wisata di Tanjungpinang yang anda bisa kunjungi . Ibu kota provinsi Riau ini memiliki potensi tempat wisata yang menarik, seperti wisata alam, pantai , maupun sejarah. Makanan yang khas dari Tanjungpinang menjadikan ciri khas dari kota ini. Misalnya makanan Kritcu, Rusip, dan Celakon merupakan makanan khas dari kota Tanjung pinang. Tidak hanya makanannya yang menjadi daya tarik untuk berkunjung ke Tanjungpinang tetpai juga tempat wisatanya .Kali ini admin akan merangkum tempat wisata mana saja yang harus masuk daftar anda ketika anda sedang berkunjung ke Kota Pangkalpinang. 

1. Pulau Penyengat
Pulau Penyengat Tanjungpinang
Pulau Penyengat
Pulau ini berjarak 2 km dari pusat kota tanjung pinang , dan dapat anda tempuh dengan perahu motor. Pulau ini juga memiliki nilai histori yang tinggi , karena disini terdapat makam-makam raja kesultanan Riau dan ada juga makam pahlawan nasional Raja Ali Haji. Ada juga masijid Raya Sultan Riau yang terbuat dari putih telur . Pada tanggal 19 oktober 1995 Pulau ini diajukan menjadi situs warisan budaya dunia atau UNESCO. Pulau ini memiliki ukuran hampir 2km persegi . Didalam buku-buku sejarah pualu ini juga di sebut sebagai Pulau Penyengat Inderasakti . 

Menurut cerita rakyat, pulau ini sudah di kenal sebagai tempat para pelaut. Pulau ini menjadi tempat transaksi ikat tawar yang banyak. Memang tidak ada sejarah yang tertulis bahwa pulau ini sudah berabad-abad menjadi pulau transaksi ikan yang terkenal.

2. Acera Waterpark
Acera Waterpark merupakan wisata bermain air yang populer di masyarakat Tanjungpinang bagi semua kalangan baik anak-anak , remaja, dan orang tua. Wahana ini di buka atau beroperasi pada bulan agustus 2012 lalu. Tiket masuk disini cukup murah, hari senin-jumat 20.000 rupiah dan sabtu-minggu 30.000 rupiah .Tetapi sekarang Acera Waterpark memberi kemudahan bagi para pelajar. Dengan membuat "student pass" pelajar dapat masuk dengan biaya 15.000 rupiah. Fasilitas yang tersedia disana juga lengkap , kamar mandi, kantin , dan lain lain. Acera Waterpark juga memiliki banyak wahana seperti kolam ombak, kolam untuk anak-anak , kolam arus melingkar ,dan masih banyak lagi.

3. Pantai Lagoi

Pantai Lagoi Tanjungpinang
Pantai Lagoi
Pantai yang indah ini berada di pulau bintan, yang terletak di utara kota tanjung pinang. Akses yang anda dapat tempuh yaitu menggunakan mobil dengan waktu 1.5 jam, karena lokasinnya yang jauh dari kota. Apabila akses anda dri batam lebih cepat , karena hanya memakan waktu 25 menit dengan speed boat. Pantai Lagio keindahannya hampir sama dengan bali , ada resortnya juga di dekat pantai . Aktivitas yang anda bisa lakukan yaitu berenang , snorkling, menyelam , atau hanya berjemur diatas putihnya pasir Pantai Lagio. Ketika anda ingin snorkling atau diving anda tidak perlu membawa alat dan perlengkapanya , karena disni sudah ada fasilitas penyewaan alat snorkling dan diving. Disana juga ada wahana bermain seperti banana boat dan lainnya hampir sama dengan tanjung benoa di bali.

Makanan yang di jual disini kebanyakan jenis seafood , ada restoran yang terkenal disana namanya Kelong Seafood. Restoran ini menjadi unik karena tempat ini berada di tengah laut, jadi sambil makan kita menikmati pemandangan lautan. 

4. Pantai Trikora

Pantai Trikora Tanjungpinang
Pantai Trikora
Pantai ini masih satu kompleks dengan Pantai Lagio , yang keindahannya tidak klah menarik. Pantai ini memiliki 4 bagian yaitu pantai trikora 1,2,3,dan 4.  Untuk saran admin , ada harus menyewa atau menyediakan alat transportasi sendiri, karena di kawasan trikora belum ada transportasi. Anda dapat menyewa Mobil dengan Supirnya seharga 400.000 rupiah selama sehari. Padahal jalan raya di kawasan Pantai Trikora mulus dan bagus. Disana disediakan penyewaan pondok-pondok untuk beristirahat dengan harga 30.000 rupiah, dan jika anda lapar anda dapat memesan makanan khas Sumatra.

Nama Trikora  berasal dari nama Three Corra, tidak jelas siapa yang memberi nama dan tujuannya apa. Tetapi ada beberapa versi mengatakan Trikora itu berasal dari pemberian nama turis yang datang dan versi lainnya Trikora berkaitan denag Tri Komandan Rakyat. 

5. Tugu Pensil

Tugu Pensil Tanjungpinang
Tugu Pensil
Dari nama tugu ini memang unik karena bernama pensil, namun tugu ini memang menyerupai alat tulis pensil ini. Bentuknya yang unik ini menjadi ciri khas dan daya tarik dari kota Tanjungpinang. Tugu Pensil ini memiliki arti yang sangat mendalam, yaitu sebagai simbol pemberantasan huruf di Kepulauan Riau. Pada tahu 1960 di buat sebuah program Pemberantasan Buta Huruf (PBH) .Tugu ini di bangun Agar warga di sekitar ikut serta dalam pemberantasan buta huruf di  Kepulauan riau. 

Dibuatnya Tugu Pensil menjadi wisata pilihan bagi masyarakat Tanjungpinang. Selain itu Tugu Pensil ini digunakan juga untuk aktivitas sosial atau olahraga seperti joging atau berkumpul-kumpul dengan teman-teman. Biasanya Tugu Pensil ramai pengunjung pada pagi dan sore hari , dan apalagi hari minggu bisa menjadi 2 kali lipat.

6. Pantai Impian
Pantai Impian Tanjugnpinang
Pantai Impian
Pantai Impian sangat cocok bagi anda para pemula selancar yang ingin menjalankan hobi baru anda . Ombaknya tidak terlalu besar jadi tidak terlalu menakutkan untuk para pemula selancar. Pantai impian ini terletak di Tanjungpinang Barat. Namun tidak banyak yang berenang di pantai ini, banyak yang lebih memilih untuk menikmatinya dengan duduk di tepi pantai dan makan-makan. 

Pantai ini terasa seperti belum di jamah oleh banyak orang, karena tidak banyak fasilitas yang ada di pantai impian ini. Anda hanya bisa berenang , snorkling , atau bermain pasir saja. Tidak ada wahana bermain air juga , seperti banana boat, jet ski, dan sebagainya.

7. Vihara Avalokitesvara Graha

Vihara Avalokitesvara Graha Tanjung Pinang
Vihara Avalokitesvara Graha
Vihara Avalokitesvara Graha merupakan vihara budha yang terbesar se-Asia Tenggara . Vihara ini di bangun oleh komunitas tionghoa dan di gunakan untuk memperdalam ilmu agama budha. Banyak wisatawan asing yang berkunjung , khususnya Thailand ,Tiongkok, Singapura, atau Malaysia. Anda dapat menuju kesini dengan jarak 14 km dari pusat kota Tanjungpinang . 

Vihara Avalokitesvara Graha mendapatkan gelar MURI (Museum Rekor Indonesia) dengan rekor patung Dewi Kuan Tin Phu Sha terbesar di Indonesia . Patung itu dalam posisi duduk  dengan tinggi 16,8 Meter, dibuat dengan tembaga sebanyak 40 Ton dan di lapisi emat sebesar 22 karat. Hiasan dinding di Vihara juga menambah daya tarik Vihara ini .

Comments