Terpopular

Featured Post

Label

Followers

Skip to main content

Wisata Pendakian Gunung Ungaran

Wisata Pendakian Gunung Ungaran - Pada tahun 2015 lalu saya dan kawan-kawan saya mendaki Gunung Ungaran yang memiliki ketinggian 2050 mdpl. Gunung Ungaran adalah Gunung yang saya sering daki dan pertama kali saya mendaki di gunung ungaran. disana ada beberapa objek wisata juga yang membuat anda akan berlama-lama di area Ungaran. Di kaki gunung juga ada sebuah desa kecil dan mereka hidup disana . Saya sering sekali tidur di perumahan desa yang berada di kaki gunung tersebut. Ada 3 pos jika anda melalui Basecamp mawar.

Sebelumnya ada 2 Basecamp yang saya ketahui dan anda bisa pilih , jalur mana yang anda akan tempuh. Tetapi yang popular adalah Basecamp mawar. Ini adalah Basecampe yang ada di ungaran :
  • Basecamp Mawar
  • Basecamp Mawar (Sumber :www.infopendaki.com)
  • Basecamp Nglimut
Tidak yang banyak mengetahui Nglimut merupakan basecame yang nyaman , bagi saya . karena fasilitas, dan pemandanganya lebih bagus. Tapi akses menuju Basecamp Nglimut lebih jauh untuk menuju basecamp ini. Pada waktu SMP saya sering lewat basecamp Nglimut karena ketika perjalanan naik , saya dapat menikmati indahnya ari terjun disana. ketika turun saya dapat mandi air penas di kawasan basecamp nglimut . Ada warungnya juga di nglimut , sedangkan di Mawar hanya ada pondok kopi .
Mendaki ungaran saat kuliah
Jika anda memalui jalur Nglimut maka anda akan melwati perumahan desa disana (Peromasan) . Anda dapat membeli kopi dulu ,bisa makan mie disana, dan bahkan bisa mandi disana. Karena ada kamar mandinya. Apabila anda memalui basecamp Mawar ke Peromasan anda belok kanan dulu , sedangkan untuk mendaki anda harus belok kiri.

Dan saya juga akan membagikan tips bagi anda untuk mendaki secara nikmat dan menyenangkan. ini dia tips-tipsnya.

1. Menentukan tempat camp
Ini sering menjadi permasalahan dasar , karena biasanya sebagai pendaki awal pasti anda akan mendirikan tenda di pucuk gunung. Tetapi jika di ungaran saya sarankan jangan karena tempatnya berdesak-desakan dan kurang landai. Terlebih lagi malam hari , tiupan angin sangat kencang di atas. Pada awalnya saya camp di atas dan itu susah sekali. karena medan bebatuan ,dan ada pohon yang tumbah beberapa, dan tracknya sangat naik. maka dari itu anda saya sarankan untuk mendirikan tenda di Kebun Teh , karena banyak spot yang ada disana dan nyaman juga . Ketika ingin naik bawa tas ransel kecil untuk membawa minum sehingga tidak berat ketika naik. mengingat medan bebatuan yang naik.

2. Bawalah Makanan Secukupnya
Ini juga penting , karena kita sebagai pendaki awal sering takut kelaparan . Percayalah anda disana lebih sedikit makan, karena saya yang memliki hobi nyemil lebih sedikit makan ketika mendaki. Cukup bawa roti-roti saya , atau kopi. Apabila anda tidak  membawa apa-apa anda dapat mapir Peromasan dan makan hingga puas disana . Ada beberapa warga yang berjualan juga , jadi tidak usah khawatir.

3. Mampir Goa Jepang
Di Peromasan ada sebuah goa kecil, dipercaya itu adalah peninggalan dari Jepang. Saya pernah masuk dan uji nyali disana . bersama 7 kawan masuk tanpa pencahayaan dan akhirnya kesasar . seingat saya , saya sudah masuk Goa itu 4-5 kali . Jadi saya sudah muncak ke Gungung Ungaran lebih dari 5 kali. Ada yang unik waktu saya kesini, karena ada ojek pegungungan. Tetapi hanya sampai Peromasan .

  • Lokasi

Semoga pendakian anda menuju gunung ungaran nyaman dan menyenangkan .

Comments