Terpopular

Featured Post

Label

Followers

Skip to main content

7 Tempat Wisata di Tanjung Selor

7 Tempat Wisata di Tanjung Selor - Tempat Wisata di Tanjung selor mayoritas pariwisata alam yang akan membuat pikiran dan hati anda tenang akan keindahan alamnya . Tanjung Selor adalah sebuah kecamatan yang terletak di Kabupaten Bulungan di Provinsi Kalimantan Utara, Indonesia. Provinsi Kalimantan Utara dulunya satu wilayah dengan Provinsi Kalimantan Timur , karena untuk memperkuat pertahanan kemudian di pecah dan jadilah kalimantan utara. 

Selain tujuan kemanan , di harapkan juga mendapatkan kelayak seperti fasilitas dan lainnya . Sehingga tempat wisata di tanjung selor ini bisa di explore dan bisa menjadi penunjang ekonomi .

1. Sungai Kayan
Sungai Kayan ini memiliki aliran arus yang cukup deraas , dalam dunia arum jeram aliran arus di sungai kayan ini memiliki grade 1/2. Sungai ini melalui lebih dari 20 desa .Mayoritas penduduknya adalah Dayak dan Bulungan, namun ada juga suku-suku lainnya yang bermigrasi kesini.

Jika anda dan keluarga sedang berwisata atau sedang dalam perjalanan dinas di kota tanjung selor, ada baiknya anda dan keluarga anda menjajaki taman wisata sungai kayan di kota tanjung selor ini untuk melengkapi akhir pekan anda. Selain nyaman untuk bersantai bersama keluarga, taman ini juga menyediakan berbagai patung-patung tokoh kartun masa kini yang bisa anda abadikan di koleksi foto kamera anda di rumah.

2. Gunung Putih
Nama Gunung Putih di ambil sesuai dengan warnanya, memang gunung ini adalah gunung kapur yang memiliki warna putih. Disediakan anak tangga untuk menacapai puncak gunung ini .Dari atas gunung ini anda bisa melihat pemandangan yang indah , dan terlihat goa yang di percaya dulu adalah tempat bersemedi untuk sultan-sultan yang dahulu. Ada Sebuah rumah panggung adat yang di gunakan untuk acara kesenian .

3. Selimau Park
Selimau Park adalah sebuah tempat wisata baru yang ada di Tanjung Selor Bulungan Kalimantan Utara, yang memiliki kolam renang anak-anak, sepeda air bebek , komedi putar dan lainnya , intinya sangat cocok untuk anak-anak. Selimau Park juga memeiliki wisata alam , yaitu pohon mangrove yang kanan dan kirinya ada patung binatang. Banyak masyarakat yang berfoto disamping patung binatang ini. 

Kedepannya Selimau Park juga aka di buat kebun binatang mini yang diisi satwa gajah, badak, buaya. Ada juga satwa yang hidup bebes disini , seperti monyet dan unggas.

4. Air Terjun Long Pin
Air terjun Long Pin terletak di kabupaten Bulungan , Kalimantan Utara. Selain Keindahan dari air terjun ini , air juga sejuk untuk bermain air disana. Ada juga danau kecil di hilir air terjun ini , bebatuan dan hijaunya pohon membuat air terjun ini terasa lengkap.

Disini anda bisa mandi sepuasnya, tapi jangan sampai kesorean karena disini masih hutan jadi tidak banyak penerangan. Air Terjun Long Pin ini sangat sejuk dan agak dingin. Sebetulnya wisata air terjun di tanjung selor cukup banyak, mungkin memang kondisi geografis dari tanjung  selor yang menyebabkan kenapa banyak air terjun. 

5. Gunung Rian
Gunung Rian ini berada di Kecamatan Sesayap , dan gunung ini memiliki air terjun yang bagus. kelebihan air terjunanya yaitu memliki ketinggian hingga 90 meter lebih dan terdiri beberpa tingkatan. Setiap tingkatan memiliki ketinggian 20 meter mendatar dan 20 meter meninggi,kita juga bisa medaki ke puncak air terjun. Ada oleh-oleh yang bagus disini , yaitu madu asli kualitas ekpor. 

Tidak hanya keindahan air terjunya saja yang di cari , ada beberpa wisatawan yang ingin mendaki gunung rian . Walauapun kebanyakan yang datang ke gunung rian itu bertujuan ke air terjunnya. Namun anda juga bisa naik ke puncak atau mendaki dengan di dampingi oleh pemandu lokal yang sudah paham akan kondisi di gunung rian. Dibutuhkan waktu kurang lebih 40 menit dari Tideng Pale untuk menuju desa Rian.

6. Sumber Air Panas Sajau
Sumber air panas biasanya banyak di temui di pulau jawa, namun di tanjung selor juga ada sumber air panas. Air panas disini memiliki beberapa suhu yang berbeda , ada yang bisa di gunakan untuk mandi dan hanya untuk merebus sesuatu, sperti telur. Tempat ini masih asri dan bahkan seperti berpetualang di tengah hutan jika anda kesini.

Air Panas yang ada di sini berasal dari panas bumi, dengan panasnya kita dapat merebus telur di dalamnya. Sumber Air Panas Sajau ini masih terbilang asri dan belum banyak yang menjamah. Tapi hati-hati dengan beberapa sumber panas , karen panasny air tersebut dapat melukai anda.

7. Air Terjun Idaman KM 18 
Air terjun idaman terdiri dari tiga tingkat. Tingkat pertama dengan tinggi kira-kira 5 meter, sedangkan yang kedua hanya 2 meter saja dan yang tingkat ketiga adalah yang paling tinggi yakni sekitar 15 meter. Derasnya air terjun yang mengalir dari atas dan dengan dikelilingi rimbunnya pepohonan yang hijau membuat suasananya sangat terasa alami. 

Karena berada di tengah hutan , terkadang ada beberpa remaja yang memanfaatkan akan sepinya hutan dan melakukan hal-hal yang tidak seharusnya. Bagi anda yang ingin kesini jangan punya niatan seperti itu.

Comments