Terpopular

Featured Post

Label

Followers

Skip to main content

7 Tempat Wisata di Samarinda

7 Tempat Wisata di SamarindaKota Samarinda merupakan ibu kota dari provinsi Kalimantan Timur, Samarinda juga menjadi salah satu kota terbesar dikalimantan. Seluruh wilayah kota ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Kutai Kartanegara. Kota Samarinda dapat dicapai dengan menaiki pesaat, kapal, dan transportasi lainnya.Samarinda memiliki tempat wisata yang menarik dan unik, dan jika anda berada di Samarinda Silahkan mampir di tempat wisata di bawah ini

1. Pulau Beras Basah
Pulau Beras Basah adalah pulau yang terletak di Selat Makassar. Pemandangan pantai dari pulau dan keindahan bawah laut dari pulau ini akan membuat rasa lelah anda terbayar ketika perjalanan. Disana juga ada sebuah mecusuar yang sudah tidak di gunakan lagi. Anda dapat bermain air seperti berenang , snorkling , keindahan bawah lautnya patut di akui . Jangan lupa membawa bekal karena pulau ini masih alami dan tidak ada penghuninya. Untuk penginapan, Anda bisa menemukannya di kota Bontang.

Dulu Puau Beras Basah dikelola dan dimiliki oleh sebuah perusahaan PT.Badak sebagai sarana liburan karyawannya, namun sekarang sudah di buka untuk masyarakat umum. Pulau ini memiliki luas sekitar 5 hektar, jika berkeliling tidak jauh mungkin tidak lebih dari 1 km untuk berkeliling 1 kali. Ombaknya yang tenang dan biota lautnya yang cantik membuat anda ingin berjalan di bawah laut dan menikmati keindahannya.

2. Kebun Raya Unmul 
Kebun Raya Unmul merupakan milik dari Universitas Mulawaman yang di buka untuk umum dan di jadikan tempat wisata. Anda akan di kenakan biaya masuk sebesar 5.000 Rupiah per orang. Ada sebuah danau yang cukup nesar di Kebun Raya Unmul ini , danau ini bisa anda kelilingi dengan sepeda air. Selain wisata alam, di wiliayah Kebun Raya Unmul juga terdapat wisata kebun binatang mini , dan museum yang berisi informasi tentang kayu yang ada di kalimantan. Anda hanya membutuhkan watu sekitar 10 menit dari pusat kota samarinda .

Kebun Raya Unmul juga memiliki koleksi flora dan fauna yang cukup banyak, ada 24 jenis satwa termasuk yang dilindungi ular, monyet ekor panjang, kelinci dan masih banyak lagi hewan yang ada disini. Ada bunga yang sangat langka disini , yaitu bunga anggrek hitam . Karena langkanya bunga ini , tidak boleh di perjual belikan terdapat pada peraturan pemerintah no 7 tahun 1999. Jadi ikutlah merawat bunga ini agar tetap lestari.

3. Pulau Kumala
Di tengah Sungai Mahakam ada sebuah pulau kecil yang bernama Pulau Kumala. Pulau ini ada , karena endapan lumpur yang semakin menumpuk hingga menjadi pula. Bentuknya memanjang dan menyerupai perahu yang terbalik. Disana ada tempat untuk berolahraganya juga , disanna terlihat jembatan tenggaron yang pernah rubuh beberapa tahun silam , tapi sekarang sudah di perbaiki jembatanya. Untuk mencapai pulau ini, anda dapat menyeberang dengan menggunakan perahu motor atau kereta gantung.

Pulau Kumala ini menyajikan taman rekreasi perpaduan antara teknologi modern dan budaya tradisional. Pulau Kumala memiliki luas sekitar 76 hektar. Saat ini, sebagian Pulau  Kulama sudah dilengkapi dengan sky tower setinggi 100 meter untuk anda yang ingin melihat keindahan pulau kumala dari atas.

4.Taman Rekreasi Lembah Hijau
Obyek wisata ini tidak jauh dari Kebun Raya Unmul hanya berjarak sekitara 15km. Ada wahana outbond yang anda bis nikmati seperti fliying fox dan lain sebagainya .Harga tiket Taman Rekreasi Lembah Hijau ini cukup murah dan terjangkau, hanya 5.000 Rupiah per orang. Ada juga wahan outbound , jika anda berminat anda harus membayar sebesar 180.000 Rupiah per orang. cukup mahal tapi anda tidak akan kecewa dengan wahana yang ada disana.

Selain wahan outbond anda juga bisa mendirikan tenda untuk bercamping disini . Jadi banyak sekali wisatawan yang berkunjung kesini pada hari libur atau weekend. Anda tidak perlu repot-repot membawa tas besar untuk membawa perlengkapan camping, karena sudah ada penyewaan alat camping disini.

5. Desa Budaya Pampang
Desa Budaya Pampang ini menyuguhkan wisata budaya kepada wisatawan yang ingin mengetahui budaya di Samarinda. Penghuni dari Desa Budaya Pampang adalah suku Dayak Kenyah. Pada hari libur atau weekend wisata ini ramai di kunjungi oleh wisatawan indonesia dan luar negeri. Anda dapat melihat secara langsung tarian budaya suku Dayak.

Ada acara tahunan yang diselenggarakan di Desa ini , warga sekitar menyebutnya Pelas Tahun. Pemerintah berharap dengan adanya acara tahuanan ini , budaya dan adat suku dayak tidak hilang. Wisatawan  yang hadir tidak hanya lokal saja, namun juga mancanegara. Wisatawan yang hadir penasaran bagaimana kebudayaan yang ada disini. Diharapkan pemerintah berperan aktif untuk mengembangkan wisata ini.

6. Kampung Tenun 
Jika anda ingin membeli oleh-oleh kain , datanglah ke Desa Tenun . disana banyak kain handmade buatan warga sekitar. Kain yang di buat masih traditional tidak menggunakan mesin apapun , hanya alat tenunnya saja, menarik bukan? Penenunan kain sarung ini menggunakan alat tradional, warga disana menyebut alat itu adalah Gedokan. Dibutuhkan 3-7 hari untuk membuat 1 lembar kain tenun , tergantung tingkat kerumitan motif kain. Semakin rumit motifnya maka semakin mahal harga kainnya , harganya hingga jutaan Rupiah per kainnya dan juga semakin lama proses pengerjaanya.

Pada Maret 2012 lalu, Kampung tenun  ini menjadi tujuan wisata nasional yang terkenal dengan tenunan sarung. Anda bisa melihat langsung proses  pembuatan sarung tenun samarinda disini, dan bisa anda beli untuk oleh-oleh .

7. Air Terjun Pinang Seribu
Air Terjun Pinang Seribu ini berbentuk seperti anak tangga sehingga bisa dinaiki. Aliran arus  dari air terjun ini tidak terlalu deras, jadi cukup aman bagi anak-anak untuk bermain di air terjun ini. 

Diarea wisata ini, ada sebuah danau buatan. Danau ini bisa anda kelilingi dengan sepeda air , cukup 15.000 Rupiah untuk menyewanya. Tidak hanya berkeliling saja , ada juga penyewaan alat pancing dengan tarif 10.000 Rupiah. Ada juga penginapan , bagi anda yang masih betah menikmati suasana di sekitar Air Terjun Pinang Seribu. Harga tiket yang harus anda bayar untuk masuk ke Air Terjun Pinang Seribu ini hanya 5.000 Rupiah per orang.

Comments