Terpopular

Featured Post

Label

Followers

Skip to main content

7 Tempat Wisata di Papua

7 Tempat Wisata di Papua - Papua merupakan provinsi terbesar di Indonesia , namun papua tidak begitu di perhatikan oleh pemerintah. Papua bisa di katakan Pulau yang sangat kaya . Di papua terdapat tambang emas, tambang nikel , alam yang indah, kekayaan hutan yang melimpah, dan papua memiliki satu-satunya gunung yang bersalju. Jika anda pergi ke papua anda tidak akan kecewa , karena papua begitu kaya akan ragam budaya dan alamnya. Silahkan mampir ke tempat wisata di bawah ini , karena sangat di rekomendasikan .

1. Raja Ampat
Raja Ampat ini adalah wisata yang terkenal di kalangan wisatawan , baik dari mancanegara dan lokal. Tempatnya yang asri dan lautnya yang sering di buru akan keindahannya. Raja Ampat Terdiri dari 4 pulau yaitu Pulau Misool, Salawati, Waigeo, Batanta, dan pulau-pulau kecil yang berada di sekitar 4 pulau tersebut. Anda dapat melakukan aktivitas diving atau snorkling di sana. Keindahan lautnya tidak perlu di tanyakan lagi, menurut The Nature Conservancy 75% spesies laut dunia dapat anda temukan di laut Raja Ampat, keren bukan?

Ada sebuah cerita rakyat yang menceritakan asal usul nama Raja Ampat. Dahulu ada seorang wanita yang menemukan 7 buah telur, namun tidak di duga terlur itu menetas dan keluar 4 orang pangeran. 4 pangeran ini menempati wilayahnya sendiri-sendiri dan menjadi raja di wilayahnya, yaitu di Waigeo, Salawati, Misool Barat dan Misool Timur yang menjadi nama-nama pulau kecil di sekitar Raja Ampat itu. 3 telur yang tersisa menjadi hantu, sebuah batu dan seorang wanita. 

Pada jaman dulu , Raja Ampat di tinggali oleh kaum bangsawan yang memegang budaya Maluku, dimana setiap kumpulan masyarakat dan desa di pimpin oleh Raja.  Raja Ampat yang memiliki keindahan luar biasa ini , menjadi perebutan antara Sultan Tidore dan Belanda pada saat itu. Namun Kesultanan Tidore takhluk dan Raja Ampat di ambil Belanda.

2. Taman Nasional Teluk Cenderawasih
Taman Nasional ini hampir 90% berwilayah perairan pulau ini digunakan untuk konservasi laut dan terluas di Indonesa , jika kita menyelam kita akan di temani banyak satwa air yang langka seperti penyu , kura-kura, hiu dan lumba-lumba. Selain diving anda juga dapat menikmati wisata lainnya dengan berkeliling pulau , dam di tempat wisata ini memiliki gua dengan sumber air panas .

Taman Nsional ini memiliki goa alam , yang di dalam ada sumber air panas tetapi tidak mengandung garam , padahal goa ini sangat dekat dengan laut. Di dekat Taman Nasional Teluk Cendrawasih ini ada sebuah peninggalan sejarah pada abad 18. Desa itu Waisor, Wendesi, dan Yomber, terdapat kitab suci umat Krtitiani yang di terbitkan pada tahun 1898. Banyak wisatawan yang berkunjung dan ingin melihat kitab itu secara langsung.

3. Danau Sentani
Danau Sentani adalah danau yang terletak di provinsi Papua yang letaknya berada di lereng pegunungan cagar alam di ketinggian 75 mdpl. Danau sentani memiliki luas sekitar 9.360 hektar. Tempat wisatan ini berjarak 50 km dari kota Jayapura. Jika anda kesini anda dapan menyewa perahu agar dapat berkeliling di sekitar danau.

Danau Sentai juga memiliki sebuah acara tahunan , yang di selenggarakan pada tiap bulan juni. Acaranya itu Festival Danau Sentani atau biasa orang menyingkat FDS. Festival ini berisi acara tarian perang khas , tarian-tarian adat diatas perahu, dan acara ini diadakan untuk menarik wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

4. Lembah Baliem
Pada tahun 1938 Lembah Baliem di temukan oleh zoologi ricard , yang melakukan ekspedis ketiga untuk New Guanea . zoologi richard menemukan  Gran valley atau Lembah Baliem tidak  terduga disana ada sebuah populasi yang besar . Suku yang mendiami wilaya itu adalah suku dani. 

Ada sebuah festival yang digelar setiap bulan agustus di Lembah Baliem, Festival ini dulunya bukanlah festival, namun seperti perang antar suku Lani , Dani , dan Yali. Namun karena perkembangan jaman , acara perang ini dibuat festival , dan aman untuk kita tonton . Festival Lembah Baliem ini di mulai dengan skenario pemicu perang , agar perang terlihat seperti sungguhan.

5. Danau Paniai
Danau Paniai merupakan danau yang indah ada di Kabupaten Paniaida 157 utusan negara yang mengakui akan keindahan danau ini. Danau Painai memiliki luar sekitar 14.500 hektar, dan anda pasti bingung mulai dari mana  mulai berkeliling.

Tidak hanya indah saja yang membuat danau ini mejadi daya tarik wisatwan, karena danau ini memiliki aneka jenis ikan air tawar dan udang. Ada satu hewan endimik dari danau ini , dan hewan ini sudah langka namun tetap di buru oleh warga karena harganya mahal. Hewan itu adalah Udang Selingkuh , pasti sebagian dari anda berfikir bahwa udang ini , kita tangkap saat dia selingkuh . Namun kenyataannya buka seperti itu, udang ini memliki capit yang besar seperti kepiting , dan bisa di katakan udang ini selingkuh dengan kepiting.

6. Pulau Rumberpon
Pulau ini memiliki wisata pantai , pasir putih tanpa ada karang dan cukup panjang garis pantainya. Air Lautnya yang jernih membuat anda bisa melihat terumbu karang dari atas tanpa perlu diving . Area terumbu karang cukup panjang , jadi cukup banyak Spot  untuk di lihat.

Untuk menuju ke Pulau Runberpom , anda dapat mengaksesnya dengan menaiki Speedboat denga waktu tempuh 5-6 jam. Pulau ini memiliki keindahan akan pantai dan biota lautnya , anda dapat melakukan aktivitas diving. Ketika diving anda dapat meilhat pesawat peninggalan jepang yang jatuh di perairan Pulau Rumberpon .

7. Desa Sawinggrai
Desa sawinggrai adalah desa kecil yang berada di Raja Ampat tetapi memiliki keunikan yang harus anda ketahui . Desa ini menjadi istimewa bukan karena tempatnya yang bagus dan mewah, tapi karena mereka tidak memburu cenderawasih untuk keuntungan dan sebagainya. Anda dapat melihat hewan yang sangat langka yaitu burung cindrawasih, disarankan untuk tidak data di bulan desember da februari. karena pada bulan-bulan itu cindrawasih betina bertelur.


Burung-burung cenderawasih berkeliaran di Gunung Manjai yang terletak di belakang desa. Jalan mendakinya sekitar 30 menit dari desan Sanwinggrai. Di sana, sudah disiapkan gubuk kayu untuk menyaksikan keindahan dari burung cindrawasih . Cindrawasih disana mulai keluar untuk berkativitas mulai dari jam 6:00 . Jadi, jika ingin sampai sana pukul 06:30, anda harus siap mendaki dari jam 06:00.  untuk jaga-jaga, ada baiknya kamu mendaki lebih awal. 

Comments