Terpopular

Featured Post

Label

Followers

Skip to main content

7 Tempat Wisata di Nusa Tenggara Timur

7 Tempat Wisata di Nusa Tenggara Timur - Nusa Tenggara Timur adalah sebuah provinsi yang terletak di bagian tenggara pulau indonesia. Nusa Tenggara Timur tidak berbeda dengan Nusa Tenggara barat provinsi ini di dominasi oleh banyaknya pulau, seperti pulau komodo , pulau timor, pulau palue, pulau solor, dan masih banyak yang lainnya .Jika anda berkunjung di provinsi Nusa Tenggara Timur , inilah tempat wisata yang anda wajib kunjungi. Di jamin tidak mengecewakan karena ada beberapa tempat wisata yang berkelas Internasional.

1. Pulau Komodo
Pulau Komodo adalah sebuah pulau yang yang menjaga kelestarian komodo dari kepunahan. Komodo sendiri adalah kadal zaman purba yang masih hidup hingga sekarang , maka dari itu suatu keberkahan jika Indonesia memiliki hewan langka tersebut. Karena komodo pulaunya menjadi terkenal dan menjadi tempat wisata yang di kenal oleh seluruh dunia. berhati-hatilah jika anda bertemu komodo . ikuti aturan dari pemandu wisata agar anda berwisata tetap aman , karena panjang komodo sendiri bisa sampai 2-3 meter dan memiliki gigitan yang mematikan . Gigitannya yang berbahaya karena air liur dari komodo mengandung bakteri yang mematikan.

Nama pulau komodo itu berasal dari seorang letnan belanda yang bernama Steyn van Hens Broek pada tahun 1910. Awalnya letnan Steyn mendapatkan laporan dari prajuritnya bahwa ada hewan yang mirip dengan naga. lalu letnan Steyn membuktak dan berangkat kepulau itu ,Steyn lantas berhasil membawa seekor komodo dalam keadaan mati dan membawa dokumentasinya ke Museum dan juga du bawa ke Botanical Garden di Bogor untuk diteliti.

2. Pantai Lasiana
Pantai Lasiana merupakan wisata yang terletak di kota kupang , Nusa Tenggara Timur. wisata ini sangat ramai pada hari-hari libur. Pantai lasiana sangat terkenal sejak tahun 1970 . wisatawan yang berkunjung berasal dari mancanegara juga , seperti Inggris, Amerika , Jerman, dan negara lainnya. Jika anda berkunjung ke pantai lasiana anda dapat berenang dan juga berselancar. Di pantai Lasiana ada juga batu yang terkenal, namanya Batu Nona . Tinggi Batu Nona sekitar 15 meter, batu ini mirip dengan perempuan yang sedang melambaikan tangan .

Di pantai Lasiana ini terdapat sebuah Cafe, penjual makanan ringan seperti pisang bakar dan jagung bakar . Ada sebutan yang unik disan namanya Lopo-lopo . Lopo-Lopo ini merupakan bangunan tetap , namun atapnya masih terbuat dari bahan alam seperti ijuk , alang-alang dan sebagainya.

3. Danau Kelimutu
Danau Kelimutu di kenal sebagai danau tiga warna, karena danau ini memiliki warna merah , biru, dan putih . namun warna danau itu tidak dalam 3 warna dalam 1 satu danau, tapi warna danau itu berganti dengan sendirinya pada waktu-waktu tertentu. danau ini berada pada ketinggian 1.631 meter, dan luas danau sekitar1.051.000 meter persegi. Jika anda ingin ke Danau Kelimutu dapat menaiki bus atau angkutan umum di Desa Kaonara dengan jarak 93 km. Tempat wisata ini juga memiliki fasilitas yang memadai , seperti kamar mandi , tempat penginapan , tempat berteduk , dan yang lainnya.

Pada tahun 1915 daerah ini diketemukan oleh Van Such Telen, warga negara Bapak Belanda . Pada tahun 1929, danau ini menjadi terkenal karena Y. Bouman melukiskan keindahaannya di dalam tulisan. Sejak saat itu , danau Kelimutu sangat ramain di kunjungi wisatawan luar untuk melihat sendiri kejadian unik yang terjadi, dan sekaligus melihat keindaahnya. Pada tanggal 26 Februari 1992 kawasan Kelimutu telah ditetapkan menjadi Kawasan Konservasi Alam Nasional.

4. Air Terjun Oenesu
Air Terjun ini memiliki 3 tingakatan dad tingginya sekitar 3 meter pertigkatannya, dan wisata di NTT bukan hanya pantai saja, masih banyak yang bisa di kunjungi Air Terjun Oenesu salah satunya. 


Air Terjun Oenesu terletak 20km dari kota kupang. jika anda berkunjung disini anda akan di suguhkan keindahalan alam dari Air Terjun Oenesu, karena tempat ini di kelilingi peohonan hijau dan rindang.  Jangan khawathir tentang musim kemarau , jika anda datang pada saat musim kemarau airnya selalu melimpah. Inilah bukti bahwa jika kita merawat alam maka alam akan membalas kebaikan kita karena telah merawat alam.

5. Labuan Bajo
Labuan Bajo merupakan wisata yang hits di kalangan manca negara, banyak webiste yang meriview betapa indahnya labuan bajo ini. Dari namanya pasti anda tahu Labuan Bajo merupakan pelabuhan kecil yang dijadikan transit menuju pulau komodo. Labuan Bajo tidak kalah indahnya dengan Pulau komodo. Labuan Bajo menyuguhkan sunset yang sangat indah , jadi jangan lewatkan sunset jika anda sudah berada disana .

Awalnya Labuan Bajo di gunakan untuk transit ke pulau komodo , namn  sekarang sudah berkembang menjadi pelabuhan yang mengangkut truk-truk. Karena keberangkatan kapal hanya sehari sekali , anda  tidak bisa transit dengan mudah. Solusinya ada penginapan di sekiar Labuan Bajo.

6. Pantai Tabalong
Pantai Tabalong Teletak tidak jauh dari pusat kota kupang, jaraknya sekitar 30 km ke selatan jika dari pusat kota. anda juga dapat melakukan aktivitas snorkling atau menyelam jika berkunjung di pantai Tablolong , beberapa titik terumbukaranya masih terjaga dan terawat. jika anda ingin melakukan aktivitas tersebut setidaknya membawa alat snorkling sendiri karena tidak ada pedagan disana jadi juga siapkan bekal makanan , karena tidak ada orang yang mengawasi , buanglah sampah pada tempatnya . 

Untuk menuju kesini , anda harus menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa, karena untuk menuju kepantai ini tidak ada angkutan umum.Anda kana di kenakan biaya masuk sebesar 2.000 Rupah per orangnya.

7. Taman Laut Selat Pantar
Tak perlu di tanyakan lagi keindahan dari wisata Taman laut Selat Pantar ini, keindahan terumbu karangnya sangat mempesona dan jika diving disana ada 26 titik penyelaman . keindahan tidak kalah dengan Raja Ampat yang berada di Paupa. Para penduduk yang berprofesi sebagai nelayan menjaga dan merawat alam sekitar sehingga terumbu karang di Taman Laut Selat Pantar masih sangat indah . Inilah bukti bahwa jika kita merawat alam dengan baik.


Banyak wisatawan asing yang datang kesini untuk diving, mereka umumnya datang dari Eropa dan  Asia namun lebih dominan Eropa .Para wisatawan cukup senang dan mengatakan ini tempat yang indah. Bahkan mereka menemukan fenomena yang Unik dan langka di taman laut selat pantar. 

Comments

  1. Gak kalah sama pulau dewata ...mantap dehh

    ReplyDelete

Post a Comment