Terpopular

Featured Post

Label

Followers

Skip to main content

7 Tempat Wisata di Semarang



7 Tempat Wisata di Semarang - Semarang di kenal sebagai kota lumpia , Semarang juga memiliki tempat wisata yang sangat menarik yang harus wajib anda kunjungi .Pemerintah kota semarang sekarang sedang gencar mempromosikan tempat wisata di kota semarang . Karena sebetulnya semarang memiliki potensi dalam bidang pariwisata juga , dan walaupun tidak semenarik bali atau Jogja. Namun Semarang juga harus anda perhitungkan dalam bidang pariwisata.

Dalam beberapa tahun ini , semarang mengalami perkembangan yang begitu pesat .Di tandai adanya beberapa gedung tinggi di area pusat kota Semarang. Jika anda pergi ke Semarang dan ingin berwisata ini dia daftar destinasi yang harus anda kunjungi di Semarang.  

1. Bandungan
Gedung Songo Bandungan
Bandungan adalah wisata yang paling terkenal untuk warga semarang , disana terdapat banyak tempat wisata , dari pemandian air panas , outbond, air terjun , hutan hijau, karoke dan masih banyak lagi. akses menuju bandungan dari pusat kota semarang ke arah selatan. Ingat ini bukan kota Bandung , tetapi desa Bandungan. Waktu yang anda harus tempuh dari pusat kota yaitu sekitar 1 jam . Bandungan menjadi daya tarik semarang bukan hanya karena lengkapnya wisata , namun juga kebersihan dan fasilitas di Bandungan ini cukup terjaga. 

Dulu Bandungan hanyalah tempat untuk berjualan sayur ,tanaman dan hasil bumi lainnya. Kita dapat memperoleh banyak sayur, buah buahan, dan tanaman hias yang dijual murah di pasar bandungan. Karena Bandungan terletak di dataran tinggi , para warga sekitar mempuyai hasil panen yang bagus ketika ditanami sayur sayuran ,buah buahan dan tanaman hias. Sekarang Bandungan sudah menjadi tempat wisata yang terkenal di semarang.  


Kemudian pemerintah bertindak untuk mengembangkan wisata yang ada di bandungan. Sehingga muncul lah objek wisata lain yang bisa kita kunjungi selain pasar .Ada beberapa wisata yaitu Candi Gedung Songo, Umbul Sido Mukti, Gunung Ungaran, Pemandian air panas Nglimut, Hutan Karet Ngilmut. Jadi sekarang baik wisatawan dari luar kota dan warga sekitar bisa berwisata di semarang.

2. Pantai Maron
Pantai Maron
Pantai Maron merupakan wisata pantai di Semarang, lokasinya beberapa ratus meter ke arah utara. Asal usul nama Pantai Maron sendiri di ambir dari warna khas baret TNI Angkatan darat yang bewarna merah maron , karena di katakan ini miliki TNI AD. Namun ada juga yang mengatakan ini singkatan dari "marina kulon" dan kebetulan juga letaknya di barat dari pantai Marina. Memang kurang jelas siapa yang mengelola Pantai Maron .Perlu di ingat saya tidak menyarankan ketika setelah hujan jalan arah menuju pantai maron yang licin. Harga tiket masuk Pantai Maron adalah 5.000 Rupiah termasuk parkir motor juga. Namun sekarang ada yang baru di Pantai Maron , namun saya masih belum yakin akan hal ini karena pembaruan ini belum sepenuhnya rampung. Sekarang di bangun sebuah pulau buatan yang berjarak 10 km dari pantai Maron . Tetapi ini masih kemungkinan itu akan di jadikan tempat wisata yang baru.

Walau tak seindah pantai-pantai di Jogja atau di Bai, Pantai Maron menawarkan suasana murah meriah. Pantai Maron sudah menyajikan keunikannya tersendiri , juga cocok untuk bersantai, dan ada bisa menikmati makanan di pesisir pantai . Anda bisa menikmati sate ayam, bakso, mie rebus, kelapa muda dan lain-lain. Tetapi harganya agak sedikit mahal, mungkin jauh dari tempat logistik dan tidak ada listrik jadi mahal. Tempat ini juga di gunakan sebagai latian bagi mahasiswa semarang yang sedang berlatih berenang di laut. Biasanya kegiatan dari ukm palang merah atau sejenisnya ,dan pelatihannya seperti tim SAR yang ingin menyelamatkan orang.

3. Lawang Sewu
Lawang Sewu
Tempat wisata di semarang yang bernuansa jadoel dan sedikit mistik, kenapa di beri nama lawang sewu . Karena pintunya yang sangat banyak sekali hingga tak terhitung jika kalian  hitung . konon katanya ruangan termistir berada di bawah tanah lawang sewu. Pada jaman penjajahan ,lantai bawah tanah di gunakan untuk penjara orang pribumi pada saat itu.

Harga tiket masuk Lawang Sewu adalah 10.000 Rupiah. Kawasan ini juga dekat dengan Tugumuda, tepat berada di depan lawang sewu. Ketika anda ingin ke Tugu muda , anda tidak perlu biaya apapun untuk tiket masuk atau yang lainnya. Cukup dengan membayar parkir sepada motor anda saja sebesar 2.000 rupiah.

Pada 27 Februari 1904 Lawang Sewu ini dibangun dan di beri nama Het hoofdkantor van de Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij . Pada pembangunan pertamanya , gedung ini di gunakan untuk kegiatan administrasi perkantoran yang dilakukan di Stasiun Semarang Gudang (Samarang NIS), Namun berkembangnya kereta api pada saat itu membuat kantor itu beralih fungsi. 

4. Pantai Tirang
Pantai Tirang
Pantai ini masih jarang di kunjungi oleh masyarakat sekitar karena banyak yang tidak mengetahui lokasinya . Cocok buat kalian yang ingin kepantai tetapi tidak terlalu ramai. Siapkan alat pancing dan perlengkapan lainya karena kita bisa memancing disana. Pantai ini bersebrangan dengan pantai maron , namun jalur menuju kesini berbeda.

Karena pantai tirang terkenal dengan spot memancig , dengan hasil kakap putih , kerapu dan lainya . Membuat para wisatawan yang datang kesini hanya untuk memancing saja. 
Jalan menuju pantai tirang tidaklah bagus . Karena harus melewati hamparan tanah yang luas dan kondisi jalanan yang rusak karena bergelombang. Saya sarankan untuk datang kesini jangan pada saat setelah hujan atau hujan karena jalannya akan licin dan berlumpur.

Pantai Tirang di tumbuhi tanaman bakau , dan mangrove . Dengan banyaknya pohon mangrove dan bakau membuat ikan dan biota lainnya bisa hidup , dan bisa menjadi area spot untuk memancing. Pantai tirang juga memiliki terumbu karang yang denga luas sekitar 240,70 hektar. Penanaman pohon mangrove bertujuan untuk menghindari abrasi garis pantai. Pasir di Pantai tirang tidak putih , namun berwarna hitam .

5. Masjid Agung Semarang
Masjid Agung Semarang
Masjid Agung Semarang, berlokasi di Jalan Gajah Raya. Masid Agung Semarang adalah salah satu masjid termegah di Indonesia . Masjid Agung Semarang ini bukan hanya tempat ibadah saja , namun di gunakan sebagai wisata religi bagi umat islam. Masjid yang memiliki luas sekita 7.500 meter persegi ini dapat menampung jamaah sebanyak 16.000 kurang lebih. Jika kalian pergi ke tempat ibadah untuk berwisata ,tolong hormati masyarakat yang beribadah dengan berpakaian yang sopan dan tidak melakukan hal-hal yang merugikan .

Pembangunan masjid tersebut dimulai pada hari Jumat, 6 September 2002 dan juga dilakukan pemasangan tiang pancang pertama yang dilakukan Menteri Agama Ri, Prof. Dr. H. Said Agil Husen al-Munawar, KH. MA Sahal Mahfudz dan Gubernur Jawa Tengah yang menjabat pada waktu itu. Pada saat itu para negara sabat hadir pada peresmian tiang pancang yang pertama. Ada Negara Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Qatar, Kuwait, Mesir, Palestina, dan Abu Dabi. Sehingga Masjid Agung Semarang ini menjadi pusat perhatian di Negara sahabat dan Negara lainnya.

6. Kota Lama
Kota lama ada wilayah peninggalan sejarah yang beberapa gedung sudah beralih fungsi , ada yang di gunakan sebagai tempat makan , kantor atau gudang , yang masih oriental adalah tempat ibadah kritiani yaitu gereja Blenduk . Gereja ini sesekali di cat ulang untuk mempercantik bentuknya . Banyak juga para siswa atau siswi di semarang menjadikan Gereja Blenduk ini menjadi background foto merek

Luas area Kota Lama ini sekitar 31 hektar. Kota lama juga memiliki julukan sebagai "Little Natherlan" atau Belanda versi kawasan kecil. Karena bangunan yang khas belanda banyak disini. Bangunan ini di bangun oleh para pekerja rodi indonesia pada saat penjajahan.

7. Sam Poo Kong
Sam Poo Kong
Sampookong sebetulnya adalah tempat ibadah namun juga tempat wisata , anda dapat memasuki Klenteng Sampokong hanya dengan 3.000 rupiah sangan murah. tempat ini di buka umum , tidak untuk agama tertentu saja . Sesudah anda memasuki di wilayah Sampookong anda akan merasakan hawa sejuk . Tempat ini juga pernah di jadikan syuting film di indonesia .

Sam Poo Kong memiliki halaman yang sangat luas , dan di halamannya da sebuah patung yang cukup besar . Tentu saja itu adalah patung dari Laksamana Cheng Ho yang sering di jadikan backgorund ketika berfoto.


Bangunan Sam Poo kong didominasi oleh warna merah yang khas dengan china. 
Karena laksamana ceng ho dari china , sudah wajar bangunan ini memiliki ciri khas oriental bangunan china.

Comments