Terpopular

Featured Post

Label

Followers

Skip to main content

7 Tempat Wisata di Surabaya

7 Tempat Wisata di Surabaya - Dalam bidang pariwisata ,Surabaya memiliki tempat wisata yang bagus dan tidak  kalah menarik dengan tempat wisata di kota lainnya , ada beberapa yang terbesar se-Asia Tenggara. Jika anda pergi ke Surabaya naik kereta malam jangan lupa mampir di tempat wisata yang sudah saya bagikan. Surabaya terkenal dengan kata arek-arek Surabaya yang berarti pemuda-puda surabaya , yang pada saat itu berjuang demi kemerdekaan bangsa. Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta. 

1. Tugu Pahlawan

Tugu pahlawan merupakan tugu monumen untuk mengingat arek-arek surabaya yang berani melawan sekutu. Tinggi Tugu Pahlawan sekitar 40 Meter, biasanya tugu ini sering di jadikan layout berfoto karena merupakan salah satu ciri khas dari surabaya. Tempat wisata di Surabaya yang satu ini sangat dekat dengan Museum 10 November, museum ini menjadi saksi bisu tentang bagaimana para pejuang arek-arek surabaya pada 10 November 1945.


Pada awalnya pihak Balai kota Subaraya menangani perkajaan pembangunan Monumen Tugu Pahlawan ini sendiri. Namun karena ada beberapa kendala ,pekerjaan ini dilanjutkan oleh Indonesian Engineering Corporation, kemudian dilempar lagi kepemborong lainnya. Monumen  ini dibangun selama 10 bulan dan diresmikan oleh Presiden Soekarno pada tanggal 10 November 1952.

2. Pantai Kenjeran
Tempat wisata yang menarik lainnya adalah Pantai Kenjeran, di Pantai Kenjara anda bisa menaiki perahu memancing dan jika anda sudah berkeluarga dan memiliki putra/putri yang masih kecil anda bisa mengajak ke Pantai Kenjeran , karena ada wahana bermain untuk anak-anak.

Bagi anda yang ingin berwisata murah meriah , dengan suasan pantai yang indah . Anda bisa datang ke pantai Kenjaran .Selain murah meriah, wisata pantai ini menjadi tempat wisata favorit di daerah surabaya dan sekitarnya. Anda hanya perlu membayar uang tiket masuk 4.000 Rupiah per orangnya pada hari kerja, jika hari libur menjadi 5.000 Rupiah per orangnya, apabila hari besar hanya 8.000  Rupiah per orangnya. 

3. Monumen Kapal Selam
Monumen Kapal Selam adalah sebuah museum kapal yang berada di pusat kota Surabaya. Monumen Kapal Selam berasal dari KRI Pasopati 410, salah satu kapal selam TNI Angkatan Laut . KRI Pasopati termasuk jenis SS type Whisky Class dibuat di Vladi Rusia pada tahun 1952, yang memilik andil dalam menegakkan hukum dan kedaulatan negara Indonesia . Kapal selam ini sudah tidak di gunakan karena faktor usia dan sekarang menjadi tempat wisata edukasi bagi anak-anak di Surabaya .

Pada tanggal 15 Desember 1952 kapal ini mulai beropeasi dan menjaga keamanan laut Indonesia. Dengan penggerak mesin diesel, kapal selam KRI Pasopati dapat menempuh kecepatan maksimum hingga 34 km/jam. Jika di atas permukaan, kapal selam ini menggunakan penggerak diesel. Sedangkan jika sedang menyelam, kapal ini menggunakan baterai sebagai penggeraknya. Kapal ini memiliki panjang 76 meter dan lebar 6,3 meter. 

4. House Of  Sampoerna
House Of Sampoerna  adalah Salah satu tempat wisata Surabaya dengan  bangunan bergaya kolonial Belanda yang dibangun pada tahun 1862 dan merupakan bangunan bersejarah yang dilestarikan pemerintah atau masyarakat. Pada tahu 1932 pemerintah belanda menggunakan bangunan ini sebagai panti asuhan. Bangunan ini beralih tangan dan berpindah pemilik. Liem Seeng Tee adalah seseorang yang membeli bangunan sekaligus pendiri Sampoerna dan bangunan itu di jadikan parik rokok. Hingga saat ini House of Sampoerna masih berfungsi sebagai pabrik untuk memproduksi rokok.

Meskipun masuk museum ini gratis , pelayanannya tidak buruk bahkan bagus terhadap pengungjung. Petugas dan kariyawan yang bekerja disini sangat ramah terhadap pengunjung . Ada sebuah bangunan replika warung gaya pedesaan pada lantai pertama. Warung ini replika warung milik Liem Seeng Tee Pendiri PT.Sampoerna dan istrinya, Siem Tjiang Nio.

5. Ciputra Waterpark
Ciputra Waterpark adalah wisata wahana air terbesar di Asia Tenggara. Tempat wisata Ciputra Waterpark ini dibuka untuk umum pada hari selasa hingga hari jum’at, buka pukul 14.00-19.00 waktu setempat. pada saat hari libur, Ciputra Waterpark dibuka mulai pukul 08.00-20.00 waktu setempat. Ciputra Waterpark ini selalu ramai  di kunjugi oleh wisatawan, dan juga sudah menjadi tempat wisata anak yang populer di Surabaya. 

Ada beberapa wahana yang memacu adrenalin anda dan ada juga wahana yang hanya untuk anak-anak, menyadang nama wahana terbesar se-Asia Tenggara bukan bicara belaka. Fasilitas lain seperti tempat ganti cukup baik. Untuk memudahkan pengunjung , ada sebuah sistim yang namanya smart card. Smart card ini digunakan untuk pembelian makanan dan sewa  gazebo atau saung. Tetapi anda harus deposit terlebih dauhulu di depan loket masuk. Jika anda , tidak menggunakannya sama sekali  atau uang dari smart card masih sisa. Anda dapat menukarnya dalam bentuk uang kembali.

6. Hutang Mangrove
Wisata Hutan Mangrove Wonorejo adalah wisata alam yang memiliki daya tarik akan keindahan alamnya dan sudah menjadi wisata favorit di surabya. Karena di tengah kota yang padat, dan banyak polusi warga surabaya membutuhkan refresing untuk menangkan pikiran. Hutan Mangrove dekat dengan bandara juanda surabaya. Ada dapat berjalan-jalan di taman mangrove ini dengan berjalan di atas jembatan kayu yang di bangun di area pohon mangrove . Jika anda malas atau lelah untuk berjalan kaki , anda dapat menyewa perahu . Jangan membuang sampah sembarangan karena sudah di sediakan tempat sampah setiap 500 meter. 

Walapun Surabaya di kenal dengan kota Industri yang sangat memiliki banyak polusi, kota Surabaya juga sudah mengembangkan cagar alam , agar tetap melestarikan lingkungan. Kelestarian alam dari hutang mangrove wonorejo dapat di manfaatkan sebagai tempat ekowisata, dan pohon mangrove ini jugadi gunakan utuk bendungan. Karena keunikan dari hutang mangrove Wonorejo ini , tempat ekowisata ini di gunkan sebagai sarana belajar baik anak sekolah maupun mahasiswa.

7. Taman Bungkul
Taman Bungkul, taman yang mulai diresmikan pada tanggal 21 Maret 2007 , dengan luas sekitar 900 meter persegi terus-menerus mengalami pengembangan sampai sekarang. Taman bangkul memiliki fasilitas yang lengkap , seperti jogging track, skateboard track, panggung untuk pentas musik, akses Wi-Fi gratis, dan kolam air mancur. Secara garis besar taman ini gratis dan untuk segala usia..

Taman Bangkul adalah ikon kota Surabaya , Karena taman bangkul mendapatkan penghargaan taman terbaik se-Asia pada tahun 2013. Tugas kita merawat keindahan taman yang sudah di bangun susah payah. Taman Bangkul sering di kunjungi oleh warga sekitar apalagi pada saat malam hari banyak komunitas hobi yang berkumpul disana. 

Comments