Terpopular

Featured Post

Label

Followers

Skip to main content

Objek Wisata Danau Kelimutu Di Nusa Tenggara Timur

Objek Wisata Danau Kelimutu Di Nusa Tenggara Timur - Danau Kelimutu di kenal sebagai danau tiga warna, karena danau ini memiliki warna merah , biru, dan putih . namun warna danau itu tidak dalam 3 warna dalam 1 satu danau, tapi warna danau itu berganti dengan sendirinya pada waktu-waktu tertentu. danau ini berada pada ketinggian 1.631 meter, dan luas danau sekitar 1.051.000 meter persegi. 

Kelimutu merupakan gabungan kata dari “keli” yang berarti gunung dan kata “mutu” yang berarti mendidih. Menurut kepercayaan penduduk setempat, warna-warna pada danau Kelimutu memiliki arti masing-masing dan memiliki kekuatan alam yang sangat dahsyat. Danau atau Tiwu Kelimutu di bagi atas tiga bagian yang sesuai dengan warna – warna yang ada di dalam danau. Danau berwarna biru atau “Tiwu Nuwa Muri Koo Fai” merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa muda-mudi yang telah meninggal. Danau yang berwarna merah atau “Tiwu Ata Polo” merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang yang telah meninggal dan selama ia hidup selalu melakukan kejahatan/tenung. Sedangkan danau berwarna putih atau “Tiwu Ata Mbupu” merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang tua yang telah meninggal.
Danau Kelimutu Nusa Tenggara Timur
Danau Kelimutu
Awal mulanya daerah ini diketemukan oleh Van Such Telen, warga negara Bapak Belanda Mama Lio , tahun 1915. Keindahannya dikenal luas setelah Y. Bouman melukiskan dalam tulisannya tahun 1929. Sejak saat itu wisatawan asing mulai datang menikmati danau yang dikenal angker bagi masyarakat setempat. Mereka yang datang bukan hanya pencinta keindahan, tetapi juga peneliti yang ingin tahu kejadian alam yang amat langka itu. Kawasan Kelimutu telah ditetapkan menjadi Kawasan Konservasi Alam Nasional sejak 26 Februari 1992.
  • Aksesibilitas
Akses ke Kawasan ini yaitu dari ibukota Propinsi Nusa Tenggara Timur, yakni Kupang, menggunakan pesawat menuju kota Ende, di Pulau Flores, dengan waktu tempuh mencapai 40 menit. kemudian perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan angkutan umum berupa mini bus, menuju Desa Kaonara, yang berjarak 93 km, dengan waktu tempuh sekitar 3 jam. Dari Desa Koanara menuju Puncak Danau Kelimutu, berjalan sepanjang 2,5 km. 
  • Fasilitas
Dari pintu gerbang kita menuju tempat parkir sekitar 2 km. Tempat parkir yang cukup luas. Tempat wisata ini juga memiliki fasilitas yang memadai , seperti kamar mandi , tempat penginapan , tempat berteduk , dan yang lainnya.
  • Harga Tiket
Tiket masuk ke kawasan Danau Kelimutu sangat murah. Jadi, Anda yang punya biaya terbatas tetap bisa menikmati pesona Danau Kelimutu dan panorama sekitarnya. Jalan masuk menuju tepi danau berupa anak tangga dan jalan bebatuan ditempuh dengan berjalan kaki. Tiket masuk untuk turis domestik yaitu Rp 2.500 per orang, manca Rp 25.000 per orang. kendaraan roda dua Rp 3.000. 
  • Lokasi
Danau Kelimutu adalah danau kawah yang terletak di puncak Gunung Kelimutu (gunung berapi) yang terletak di Pulau Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Lokasi gunung ini tepatnya di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende. 

Comments