Terpopular

Featured Post

Label

Followers

Skip to main content

Wisata Pendakian Gunung Andong

Wisata Pendakian Gunung Andong  -  Gunung Andong adalah sebuah Tempat Wisata pendakian gunung yang berada di Kota Magelang. Pada tanggal 28 Desember 2015 saya dan 3 teman saya melakukan pendakian di Gunung Andong. Ada 3 basecamp yang ada di Gunuung Andong , yang saya pilih yaitu Basecamp sawit. Saya juga mendapatkan keterangan bahwa basecamp yang kedua lainnya cukup nyaman , karena ketika di basecamp selain sawit kita dapat minum teh panas sepuasnya. Jika di basecamp sawit teh panas di hargai dengan 2000 rupiah.

Basecamp Sawit memiliki 2 pos , yang pertama adalah Pos 1 Watu Pocong . Mendengar nama dari pos 1 terdengar horor, namun itu hanya nama sebuah pos saja . Pos yang ke 2 yaitu pos Watu Gambir . Pada saat menerima , ada yang janggal dalam penetapan pos, lihat dengan teliti di Peta saya mengatakan Pos 1 yaitu Gili Cino dan Pos 2 yaitu Watu Wayang. Namun yang benar adalah Pos 1 Watu pocong dan Pos 2 Watu Gambir. Jarak dari kedua pos sangat dekat , tidak sampai 1 km , namun jalannya agak menanjak.
Puncak Gunung Andong Magelang
Puncak Gunung Andong







Gunung yang memiliki ketinggian 1726 masl . Jika anda ingin mencoba pendakian untuk pertama kalinya saya sarankan naiklah ke Gunung Andong. Semuanya sangat cocok untuk pendaki pemula, baik dari tracknya, jaraknya, dan suhunya. Jika anda inign mendaki Gunung Andong ini adalah saran saya ketika anda kesana.

Pos 1 dan Pos 2 Gunung Andong
Pos 1 dan Pos 2 (Bascamp Sawit)
Tidak Pelu Membawa Makanan Yang Banyak
Menu Harga Makanan dan Minuman di Andong
Menu di Warung Andong dan Harganya
Kenapa saya menyarankan anda tidak perlu membawa makanan yang banyak ? karena disana ada hal yang tidak terduga, yaitu ada warung di atas puncak Gunung Andong . Sangat hebat bukan , ada sebuah warung di puncak gunung. Terdapat kurang lebihnya 4 warung yang berada di puncak Gunung Andong . Disana menjual mie instan rebus / goreng , cup mie, gorengan , kopi , teh , dan lain-lain. Penjual disini akan menjual nasi beserta lauk jika itu di hari-hai besar, seperti hari natal, dan tahun baru. Tetapi di puncak tidak ada yang menjual roti-roti , jadi bawalah roti sendiri.

Bawa Charger Ponsel Anda
Kekhawatiwan anak muda sekarang yaitu daya ponsel habis, karena ketika di atas para pendaki berfikir untuk membawa Powerbank jika ponselnya kehabisan daya baterai di atas. Sudah naik ke puncak , kehabisan daya baterai dan tidak bisa berfoto-foto di atas puncak. Namun di Gunung Andong anda bisa mengisi daya baterai ponsel anda di warung-warung tadi. Pada saat itu saya tidak membawa charger ponsel saya jadi saya tidak tahu membayar atau tidak ketika mengisi daya baterai.

Bawalah plastic bins ( Tempat Sampah Plastik )
Saya sedikit kecewa dengan oknum pendaki yang tidak bertanggung jawab . Pada beberapa saat lalu Gunung Andong mengalami musibah karena Gunung Andong kebakaran , namun masih ada aja oknum pendaki yang tidak bertanggung jawab . karena akibat sampah yang dibuang sembarangan menimbulkan lalat yang berkembang di gunung. Dikatakan oleh penjual , lalat-lalat ini ada setelah hari natal. Saya juga sempat bertanya dengan pemandu wisata disana , dia masih muda . Dia mengatakan bahwa pada saat natal 2015 dia membawah 19 karung tempat sampah di bantu dengan teman-temannya.

Dia menceritakan tentang pendaki yang tidak bertanggung jawab , seperti kencing di simpan di botol minum kemudian di buang ke tepi jurang, membuang sampah seenaknya. Dia dan temannya mengambil sampah-sampah tersebut walaupun di jurang kawan . Bayangkan apa anda tidak merasa kasihan? dan dia sempat patah kakinya karena mengambil sampah yang berada di jurang. Jadi untuk para pendaki dimanapun. 
"BUANGLAH SAMPAH PADA TEMPATNYA"

Keindahan Sunset dan Sunrise Gunung Andong
Sunrise Gunung Andong Magelang
Sunrise Gunung Andong
Sangat disarankan bagi para pendaki untuk mendaki pada siang hari , karena pada saat berkumpul diwarung malam hari datang segerombolan rombongan pendaki dari Kota Boyolali yang tersesat. Kenapa siang hari atau sore hari, karena kita dapat sampai keatas tepat pada saat sunset dan juga jalan terlihat terang. keindahan Sunset dan Sunrise tidak perlu di tanyakan lagi , sayang sekali pada saat saat kesana saya di dapat melihat sunset karena mendung, tetapi saya dapat melihat sunrise di pagi hari.
  • Lokasi

Comments