Terpopular

Featured Post

Label

Followers

Skip to main content

7 Tempat Wisata di Banda Aceh

7 Tempat Wisata di Banda Aceh - Banda Aceh merupakan tempat wisata yang indah di bidang alamnya. Akibat tsunami pada tahun 2004 Banda Aceh membangun kembali tempat wisata yang rusak . Namun akibat tsunami juga ada beberapa pulau yang bisa di kunjungi ada juga pulau yang hilang karena tsunami. Banda Aceh adalah ibu kota dari provinsi dari Aceh . Jika anda ingin berkunjung disini silahkan mampir ke tempat wisata yang ada di bawah ini. Jangan lupa jika anda seorang muslim anda harus mengikuti berpakaian lokal disana, karena aturan bagi wisatawan juga berlaku disini. Seperti bagi wanita harus menutup auratnya ,tidak boleh memakai pakaian ketat dan terawang. Tapi bagi non muslim silahkan pakai pakaian apa saja yang penting tidak terlalu terbuka.

1. Masjid Raya Baiturrahman

Masjid Raya Baiturrahman bisa dikatakan menjadi icon dari kota Banda Aceh , karena budaya disana yang menjujung tinggi norma-norma agama islam . Banyak yang ingin melihat keindahaan dan kekokohan dari Masjid Raya Baiturrahmah yang tetap berdiri tegak saat tsunami menerjang Banda Aceh. Satu-satunya bangunan yang bertahan , bahkan masih berdiri kokoh setelah terjangan tsunami. Bagaimana menurut anda ? keajaiban yang menakjubkan bukan.

Setiap tahun wisata di Masjid ini selalu meningkat ppengunjungnya. Biasanya wisatawan yang hadir ingin belajar sejarah tentang Masjid Raya Baiturrahman atau berfoto. Selain itu pengurus masjid berharap semakin banyaknya pengunjung , semakin banyak orang pula yang beribadah, mengingat ini adalh tempat ibadah.

2. Pantai Lampuuk
Pantai Lampuuk terletak di desa Meunasah Masjid , Banda Aceh. Pantai merupakan trauma bagi masyarakat Aceh sendiri , karena bencana tsunami yang terjadi membuat masyakat aceh trauma. Namun lambat laun masyarakat sudah berkurang traumanya. Keindahan Pantai Lampuuk tidak berkurang indahnya setelah terkena gulungan tsunami. 

Anda dapat beraktifitas seperti snorkling , berenang, dan berselancar , ada yang mengatakan Pantai Lampuk adalah "Pantai Kutanya" Aceh. Semakin berkembangnya pantai ini , sekarang di buka permainan air seperti banana boat. Sunset di Pantai Lampuuk sangat indah ,pantulan cahaya sore yang menyinari awan sangat bagus dan indah.

3. Kuala Merisi

Kuala merisi merupakan tempat wisata pantai yang terletak kabupaten Aceh Jaya. Akses menuju ke Pantai Kuala Merisi meggunakan bus atau mobil , jarak yang tempuh kira-kira 149 km dari pusat kota Aceh. Ombah di Pantai Kuala Merisi tidak terlalu besar , jadi anda dapt berenang dan beramain air sepuasnya. Pantai Kuala Merisi sudah terdapat warung-warung penjual makanan, seperti seafood , es kelapa muda . Jika anda berkunjung ke pantai Kuala Merisi bawalah kacamata hitam , sunblock, atau topi karena suasananya yang panas .

Kuala Merisi adalah tempat yang sempurna untuk menikmati pantai dengan suasana tenang dan tenang. Tempat wisata di Desa Ketapang, Kecamatan Krueng Sabee, memiliki garis pantai yang panjang dengan gelombang kecil cocok untuk percikan di tepian.  Tidak jarang pemandangan di Aceh digunakan sebagai lokasi untuk berselancar karena ombaknya yang cocok untuk olahraga air.

4. Museum Tsunami

Museum Tsunami Aceh
Museum Tsunami
Museum Tsunami andalah sebuah museum yang dibangun sebagai monumen simbolis bahwa telah terjadinya tsunami pada tahun 2004 silam yang telah menelan banyak korban. Isi dari Museum Tsunami seperti simulasi gempa , benda-benda sisa tsunami, foto-foto korban , dan cerita korban tsunami yang selamat. Namun tidak hanya itu saja, Museum Tsunami juga memberikan pendidikan bagi warga lokal yang berkujung maupun wisatawan non lokal agar tahu bagaimana cara menyiasati apabila terjadi gempa dan mencari tempat yang aman bila gelombang tsunami datang.

Bangunan ini di bangun untuk mengenang mereka yang meninggal  karena bencana tsunami 2004 silam. Selain sebagai tempat untuk mengenang para korban, tempat ini juga akan digunakan untuk tempat berlindung dan mengungsi, apabila musibah tsunami kembali datang.

5. Pulau Rubiah
Pulau Rubiah Aceh
Pulau Rubiah
Pulau Rubiah adalah sebuah pulau yang memiliki keindahan bawah lautnya.  Nama Pulau Rubiah berasal dari nama Nyak Rubiah, Nyak Rubiah merupakan salah satu dari 44 keramat yang menjaga kota sabang. Untuk menuju kota sabang anda dapat menaiki kendaraan roda dua dengan waktu tempuh sekitar 45 menit menuju ke Pantai Teupin Layeu. 

Setelah sampai di Pantai Teupin Layeu anda harus menaiki kapal , ada dua pilihan untuk menuju Pulau Rubiah . Pilihan Pertama ,  anda menyewa boat untuk menuju kesana dengan harga 100.000-300.000 Rupiah. Pilihan Kedua , anda menyewa perahu dayung dengan harga 100.000/hari . Jarak dari pantai menuju ke Pulau Rubiah tidak begitu jauh, hanya membutuhkan waktu 5-15 menit. 

6. Air Terjun Suhom
Air terjun suhom terletak di desa Terletak di Desa Krueng Kala, Kecamatan Lhoong. Kabupaten Aceh Besar, Propinsi Nanggro Aceh Darussalam. Nama lain dari air terjun suhom ini adalah air terjun lhoong atau krueng lala. Air terjun ini mempunyai sumber mata air dari sebuah perbukitan dengan air terjun nya dengan tinggi sekitar 20 meter degan posisi air terjun ini berada di tengah panorama alam yang indah dan alami. 

Di sekitar air terjun ini terdapat banyak pohon durian, sehingga pada saat musim durian tiba banyak penjual yang berjualan durian di sekitar air terjun, disamping itu disektar air terjun juga ada lokasi yang dapat digunakan untuk berkemah (camping). Untuk mencapai ke air terjun suhom dari badna aceh bisa menggunakan transportasi umum atau kendaraan pribadi serta memerlukan waktu sekitar 1 jam. Perjalanan nya sendiri melewati rute banda aceh – calang(aceh jaya) melewati pantai lampuuk, pantai lhoknga dan kecamatan leupung Untuk tiket masuk ke tempat ini sebesar Rp 5000 bagi motor maupun sepeda motor. Fasilitas yang terdapat di tempat ini berupa warung – warung penjual kopi dan mie.

7. Pantan Terong

Pantan terong adalah bukit yag terletak di Kecamatan Bebesan , Kabupaten Aceh Tengah dan lebih tepatnya 7,5 km ke arah barat kota Takengon. Sebetulnya bukit ini sangat cocok bagi anda yang ingin melihat keindagan Danau Laut Tawar atau ibu kota Takengon . Karena bukit ini berada di ketinggian 1830 mdpl, tingginya hampir sama dengan puncak gunung andong. Namun bedanya Pantan Terong adalah sebuah bukit. Untuk memasuki tempat wisata ini sangat murah , karena anda hanya membayar 2.000 Rupiah per orangnya.

Comments