Terpopular

Featured Post

Label

Followers

Skip to main content

7 Tempat Wisata di Kota Jambi

7 Tempat Wisata di Kota Jambi - Kota jambi merupakan ibukota dari Provinsi Jambi yang banyak meiliki tempat wisata sejarah. Sangat cocok bagi anda yang mencintai sejarah dan menambah wawasan tentang sejarah . Namun tidak hanya tempat wisata sejarah . Kota Jambi juga memiliki tempat wisata alam yang indah , dan harus anda kunjungi .Kota jambi terbelah menjadi 2 bagian , namun secara georafis saja. Kota Jambi terbelah oleh sungai Batanghari, dan dihubungkan oleh jembatan Aur Duri. Jika anda sedang ke Kota Jambi , Silahkan mampir ke tempat wisata yang admin sudah rangkum.

1. Candi Muaro Jambi

Candi Muaro Jambi
Candi Muaro Jambi
Candi Muaro Jambi adalah candi yang diwariskan oleh agama budha . Candi ini terletak di Desa Muaro Jambi ,Kecamatan Marosebo. Candi ini sangat bernilai tinggi baik history dan peninggalannya, karena Candi ini di perkirakan oleh alhi berdiri pada tahun 11 masehi . Dimana pada tahun tersebut masih berada di pemerintahan sriwijaya . 

Pada tahun 2012 mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meresmikan situs bersejarah ini sebagai Kawasan Wisata Sejarah Terpadu (KWST). Karena banyaknya wisata yang berkunjung dari lokal maupun internasional yang membuat mantan presiden SBY menjadikan (KWST). Turis yang berkunjung yaitu wisatawan yang beragama budha, yang ingin mengetahui perkembangan agama mereka di negara lain pada jaman dulu.

2. Tanggo Rojo

Tanggo Rojo adalah sebuah tempat wisata yang menyajikan keindahan sungai Batanghari . Anda dapat berkumpul dengan keuarga anda di sekitar sungai Batanghari , dan anda juga dapat memancing jika anda berminat. Wisata Tanggo Rojo berdekatan dengan Rumah Dinas Gubernur Jambi. Tanggo Rojo ini juga sering digunakan untuk acara-acara kecil maupun besar Seperti HUT RI . Lomba HUT RI juga diadakan disini.

Tanggo Rojo adalah wisata yang sangat cocok untuk di kunjungi keluarga sebagai tempat berkumpul. Sungai Batanghari menjadi icon dari wisata ini, anda bisa memancing , berjalan-jalan di tepian sungai dan menikmati panoramanya. Selain berjalan-jalan dan memancing , anda harus ke Tanggo Rojo saat menjelang malam . Karena anda bisa melihan sunset dari Tanggo Rojo sini, dan tidak kalah sunset di pantai. Malah ini yang menjadi unik , karena kita bisa menikmati sunset tetapi tidak di pantai. Aneka jajanan dan makanan yang tersedia menjadi pelengkap wisata anda di Tanggo Rojo ini.

3. Taman Remaja Jambi

Taman Remaja Jambi
Taman Remaja Jambi
Taman  yang bertemakan Remaja atau muda mudi ini sangat unik , karena tidak banyak  taman yang menyajikan khusus anak muda. Jika anda kesini jangan heran bukan sekedar nama saja tapi isinya kebanyakan hanya remaja-remaja. Ada juga penjual jajanan disana dari batagor , mie rebus, es teh , dan yang lainnya. Jangan khawatir warung disini buka sampai malam . Namun di sayangkan warungnya kurang tertata rapi. Sering juga di adakan beberapa event seperti ajang pentas seni remaja seluruh provinsi Jambi. 

Pepohonan yang lebat dan rindang membuat taman ini terasa sejuk, sembari melihat keindahan bunga-bunga yang tumbuh di sekeliling taman. Karena taman ini rindang dan hanya banyak remaja , terkadang tempat ini dijadikan tempat mesum atau berpacaran.

4. Taman Mini dan Taman Rimba Jambi

Taman ini merupakan satu lokasi yang berada tidak jauh dari bandara Sultan Thaha Syaifuddin . Taman ini merupakan tempat wisata alam yang menyajikan flora dan fauna , jadi cocok untuk anak-anak yang sedang belajar ilmu pengetahuan alam. Luas dari Taman ini yaitu sekitar 18 hektar . Taman ini di dirikan dalam upaya meningkatkan pariwisata di kota jambi sendiri.

5. Museum Negeri Jambi

Museum Negeri Jambi
Museum Siginjei
Museum Negeri Jambi atau yang sering di singkat MNJ oleh masyarakat sekitar, merupakan tempat wisata baik benda-benda atik peninggalan sejarah atau yang lainnya. koleksi dari MNJ sendiri sudah mencapai 4000 buah koleksi. Koleksi yang ada meliputi arkeolog, geologi, biologi,histori, filologi,  dan masih banyak lainnya.  Awal mula gedung  ini di bangun oleh Gubernur Mashun Sofwan pada tahu 1981, dengan luasan sekitar 1,3 hektar. Pada  tahun 6 juni 1988 Museum Negeri Jambi ini resmi di buka oleh Gubernur Maschun Sofwan .

Museum Jambi merupakan museum terbesar di kota jambi saat ini. Nama museum jambi sudah berganti menjadi Museum Siginjai. Nama Siginjai ii di ambil dari nama keris raja Jambi . Namun keris itu tidak di simpan di museum ini , melainkan di museum pusat di jakarta.

6. Pasar Keramik Sitimang

Pasar Keramik Sitimang adalah sebuah pasar yang menjual aneka kerajinan keramik seperti guci antik , piring bermotif, dan mangkok-mangkok bermotif pula. Walaupun sekarang jarang yang mengoleksi atau peminat barang-barang kramik ini tempat wisata ini terus menjadi terkenal karena keunikan pasar ini. Bisa dikatakan bagi anda yang hobi mengkoleksi barang-barang kramik , ini adalah surganya barang-barang kramik . Bahkan anda sampai bingung untuk membeli yang mana , karena beraneka macam barang dan macam motif tersedia disini. 

7. Taman Anggrek Sri Soedewi

Bagi anda pecinta bunga-bunga dan hobi berfotografi, Taman Anggrek Sri Soedewi sangat cocok bagi anda untuk di kunjungi. Taman Anggrek Sri Soedewi ini dulunya adalah sebuah tempat budidaya anggrek saja , untuk pengamatan atau penelitian siswa-siswi dari SMA dan juga di ajarkan bagaimana cara bercocok tanam bunga Anggrek.  

Taman Anggrek Sri Soedewi di resmikan oleh Ibu Tien Soeharto pada tahun 1984, dan taman ini di usulkan oleh Prof.Dr.Soedewi Sofwan (almh) . Sehingga nama beliau menjadi nama dari taman ini yaitu Taman Anggrek Sri Soedewi. Lokasi dari Taman Anggrek Sri Soedewi berada di Jalan Ahmad Yani di pusat kota Jambi. Taman ini memiliki luas sekitar 2,5 hektar dan berhadapan langsung dengan kantor gubernur  Jambi. 

Comments