Terpopular

Featured Post

Label

Followers

Skip to main content

Objek Wisata Raja Ampat di Papua

Objek Wisata Raja Ampat di Papua - Raja Ampat ini adalah wisata yang terkenal di kalangan wisatawan , baik dari mancanegara dan lokal. Tempatnya yang asri dan lautnya yang sering di buru akan keindahannya. Raja Ampat Terdiri dari 4 pulau yaitu Pulau Misool, Salawati, Waigeo, Batanta, dan pulau-pulau kecil yang berada di sekitar 4 pulau tersebut. Anda dapat melakukan aktivitas diving atau snorkling di sana. Keindahan lautnya tidak perlu di tanyakan lagi, menurut The Nature Conservancy 75% spesies laut dunia dapat anda temukan di laut Raja Ampat, keren bukan?

Ada sebuah cerita rakyat yang menceritakan asal usul nama Raja Ampat. Dahulu ada seorang wanita yang menemukan 7 buah telur, namun tidak di duga terlur itu menetas dan keluar 4 orang pangeran. 4 pangeran ini menempati wilayahnya sendiri-sendiri dan menjadi raja di wilayahnya, yaitu di Waigeo, Salawati, Misool Barat dan Misool Timur yang menjadi nama-nama pulau kecil di sekitar Raja Ampat itu. 3 telur yang tersisa menjadi hantu, sebuah batu dan seorang wanita. 
Raja Ampat
Pada jaman dulu , Raja Ampat di tinggali oleh kaum bangsawan yang memegang budaya Maluku, dimana setiap kumpulan masyarakat dan desa di pimpin oleh Raja.  Raja Ampat yang memiliki keindahan luar biasa ini , menjadi perebutan antara Sultan Tidore dan Belanda pada saat itu. Namun Kesultanan Tidore takhluk dan Raja Ampat di ambil Belanda.

Di pulau Wai ada sebuah peninggalan pesawat perang dunia ke II , pesawat ini diduga milik belanda yang jatuh pada saat ingin melakukan pendaratan. Selain peninggalan sejarah perang ada juga peninggalan sebuah cap tangan. Cap-cap tangan ini berusia sekitar 50.000 tahun lamanya. 
  • Aksesibilitas
Meskipun harga bahan bakar di papua 2 kali lipatya harga bahan  bakar di kota pada umumnya, namun transportasi di papua tidak begitu mahal. Misalnya ojek disana untuk perjalanan sekitar 5 km biayanya hanya 15.000 Rupiah . Ojek akan sangat berguna untuk backpacker atau traveler dari bandara menuju Pelabuhan Sorong. Bahkan akan lebih murah jika anda menyewa sebuah mobil dengan harga 100.000-200.000 Rupiah seharinya.

Pelabuhan Sorong merupakan pelabuhan utama untuk menuju Raja Ampat. Dari Pelabuhan Sorong menuju ke Waisai bisa diakses dengan speedboat dengan tiket 130.000 Rupiah per orang yang berangkat jam 02:00 PM  waktu setempat. Perjalanan dari pelabuhan hingga Raja Ampat memakan waktu sekitar 4 jam Setelah sampai di Waisai, kalian menyewa mobil untuk mengantarkan kalian sampai penginapan.
  • Fasilitas
Fasilitas yang perlu anda perhatikan di Raja Ampat adalah penginapan. Karena penginapan merupakan hal yang penting ketika kita berlibur di papua dan ada juga beberapa penginapan di papua yang mahal . Maka dari itu perlu di pertimbangkan. 
  • Harga Tiket
Penerapan tiket di Raja Ampat yaitu menggunakan sebuah pin khusu untuk memasuki wisata alam ini. Karena ketika kita memasuki pulau-pulau yang ada di sekitarnya , kita harus menunjukan pin itu kepada petugas . Harga dari pin itu adalah 250.000 Rupiah untuk wisatawan lokal dan 500.000 Rupiah untuk wisatawan asing. Namun anda tidak usah khawati karena pin itu memiliki masa aktif hingga satu tahun.
  • Lokasi

Comments