Terpopular

Featured Post

Label

Followers

Skip to main content

7 Tempat Wisata di Pontianak

7 Tempat Wisata di Pontianak - Pontianak adalah ibukota provinsi Indonesia Kalimantan Barat. Ini adalah pelabuhan perdagangan kota besar di pulau Kalimantan. Pontianak terkenal sebagai Kota Khatulistiwa (Equator City), jadi kota ini di lintasi oleh garis kalutilistiwa dan pontianak terkenal dengan sungainya , yaitu sungai kapuas. Sungai ini merupakan sungai terpanjang di indonesia. Jika anda melihat Sungai Kapuas dari atas maka terlihat seperti Sungai Amazon di Amerika. Jika anda berkunjung di pontianak , tidak ada salahnya mampir ketempat wisata yang ada di bawah ini .

1. Tugu Khatulistiwa
Tugu Khatulistiwa adalah sebuah monumen bahwa di tugu ini berada temapt di garis khatulistiwa. Di Tugu utama terdiri 4 pilar kayu berlian yang sudah terkenal akan kekuatan kayunya, dan 2 pilar bagian belakang yang lebih tinggi dari pada pilar bagian depan. Ada tulisan EVENAAR diantara 2 pilar belakang , EVENAAR adalah bahasa belanda yang berarti garis khatulistiwa. Tugu khatulistiwa juga memiliki museum yang berisikan informasi tentang garis khatulistiwa di bumi. Ada juga tempat untuk membeli souvenir di sekitar Tugu Khatulistiwa, suvenir yang di jual adalah miniatur Tugu khatulistiwa .

Di Tugu Khatulistiwa akan terjadi fenomena kulminasi matahari, kulminasi matahari adalah fenomena alam ketika Matahari tepat berada di garis khatulistiwa. Fenomena ini mungkin akan aneh bagi anda, karena dalam beberapa saat kita tidak akan memiliki bayangan seperti hantu atau kartun 3D tanpa bayangan. Hal ini di karenakan posisi matahari berada tepat diatas kita dan bayang lurus terhadap benda.

2. Taman Alun-alun Kapuas
Tempat yang ramai di kunjungi pada waktu sore dan malam hari ini , berada tepat di depan kantor walikota. Taman alun-alun kapuas ini memiliki luas sekitar 3 hektar dengan replika Tugu Khatulistiwa pada salah satu sudutnya. Ada berbgai macam makanan yang bisa anda nikmati di sekitar taman. banyak komunitas anak muda yang berkumpul dan saling berbagi informasi.

Taman Alun-Alun Kapuas ini memiliki bentuk dan dekorasi yang tertata rapi. Sehingga taman ini menjadi salah satu tempat wisat yang sering di kunjungi oleh warga Pontianak. Ada  sebuah air mancur yang bagus di tengah taman, dan ada sebuah tribun untuk duduk-duduk. Taman alun-alun Kapuas juga memiliki bangunan replika tugu khatulistiwa yang menjadi ciri khas pontianak.

3. Rumah Betang Radakng
Rumah Betang Radakng yang di bangun untuk wisata ini adalah replika dari rumah adat suku Dayak, Kalimantan Barat. Rumah Betang Radakng ini pernah meraih rekor, rumah adat yang terpanjang di Indonesia, karena ukurannya mencapai 138 meter, lebar 5 meter, dan tinggi 7 meter. Rumah Betang Radakng memiliki 3 bagian , yaitu teras, ruang selaras atau ruang tamu yang di gunakan untuk berkumpul keluarga, dan yang terkahir ruang tidur namun ruang tidur ini di bagi tiap per kepala keluarga. Betang Radakng juga bisa berarti rumah panjang .

Pada tanggal 2 Juli 2013 ,Rumah Betang Radakng diresmikan oleh Gubernur Kalimantan Barat . Pembangunan Rumah Radakng bertujuan untuk melestarikan adat yang ada , karena suku dayak sendiri sekarang sudah mulai mengenal kemajuan teknologi . Besar kemungkinan bangunan dari Rumah Betang Redakng ini akan tergantikan dengan bagunan rumah yang modern. Tujuan di buatnya Rumah Betang Radakng  untuk memudahakan wisatawan yang berkunjung, di berikan satu tempat untuk mengenal budaya dan keunikan dari suku dayak.

4. Pantai Pasir Panjang
Pantai yang masih asri ini ,menjadi tempat wisata yang banyak di kunjungi di pontianak, karena keindahan dari pantainya, pasirnya putih , airnya yang jernih menjadi daya tarik dari pantai ini.  Harga tiket yang di kenakan oleh pengunjung yaitu 10.000 Rupiah per orangnya. Bila anda mengunjungi pantai yang satu ini, tidak cukup puas rasanya apabila hanya berfoto dan bersantai saja, Karena ada banyak kegiatan yang bisa anda lakukan disini seperti bermain voli pantai, berenang , atau memancing. Wisata Pasir Panjang masih terawat keasriannya, jadi jangan membuang sampah sembarang di tempat wisata alam .

Jika anda tidak bisa berenang di laut , atau tidak terbiasa dengan air laut , anda juga bisa berenang di kolam renang yang di ada . Ada juga wahana adrenaline yaitu banana boat, ini menjadi kegiatan pilihan bagi anda yang berkunjung disini. Bagi anda yang memiliki anak-anak , tempat wisata ini juga memiliki wahana bermain khusus anak-anak.


Wisatawan yang berkunjung tidak perlu khawatir akan beli makanan dimana dan akan makan apa, karena di daerah ini banyak pedagang asongan ,warung, dan bahkan kafe yang ada di disini. Soal meninap juga tidak perlu khawatir , karena di sini tersedia hotel dengan berbagai macam harga dan fasilitas.

5. Keraton Kadriah
Pada tahun 1771 , Keraton Kadriah di bangun oleh Sultan Syarif Abdurrahman Alqadrie yakni sultan pertama Kesultanan Pontianak. Keraton Kadriah ini berada di Jalan Tritura, Pontianak. Bangunan keraton ini didominasi warna khas kuning dan terbuat dari bahan kayu belian. Kayu belian di Kalimantan terkenal sebagai kayu besi karena kekuatannya. Keraton Kadriah juga memiliki sebuah meriam peninggalan dari jepang dan portugis, meriam itu ada di halaman Kraton Kadirah

Di dalam bangunan Keraton Kadriah , terdapat sebuah singgasana sultan ,pakaian sultan, koleksi foto-foto sultan,  dan masih banyak koleksi milik sultan. Keraton Kadriah juga memiliki koleksi Al Quran yang ditulis dengan tangan Sultan Syarif Abdurrahman Alqadrie.

6. Sinka Island Park
Sinka Island Park adalah  wsiata rekreasi terpadu yang berada di Teluk Ma’jantuh, Singkawang. Di Sinka Island Park terdapat kebun binatang, pantai, kolam renang, dan pulau kecil bernama pulau simping. Jika anda pergi ke Sinka Zoo, ada sekitar 200 ekor binatang dari 62 spesies koleksinya . Harga tiket masuk di kebun binatang ini anda harus membayar biaya sebesar 10.000 Rupiah per  orannya. Jika anda ingin menikmati keindahan pantai , anda bisa datang ke Pantai Banjau. Saya sarankan tidak untuk berenang karena tidak cocok untuk melakukan aktifitas renang. Ini di keranakan , tepian dari pantai Banjau adalah bebatuan. Harga tiket masuk di kawasan tempat wisata ini adalah 20.000 Rupiah per orangnya. Jika ingin berenang, sudah ada kolam rrenang yang sudah disediakan.

Sinka Island Park menjadi wisata favorit di masyarakat Pontianak , khususnya warga Singkwang sendiri. Sinka Island Park didirikan oleh Bapak Antoni Suwandi, S.H , beliau pipimanan dari PT. Sinka Island Park yang menjabat pada waktu tu . yang selesai dibangun pada bulan April 2007.  Pada tanggal 17 Desember 2007 Sinka Park Island sudah mendapatkan izin dari Lembaga Konservasi.

7. Taman Bukit Bougenville
Taman bunga Boungenville ini dikelilingi oleh area hutan dan perkebunan yang menambah keindahan suasana taman ini. Taman Bunga Boungnville memiliki sekitar 46 spesies bunga yang bisa anda lihat. Taman Bukit Bougenville adalah taman yang memeliki tanamananya di dominasi oleh Bougenville. Bougenville bisa di artikan bunga kertas, dan bunga kertas ini menjadi salah satu satu tanaman hias terpopuler di dunia. Taman Bunga Bougenville terletak di Desa Sijangkung dan kira-kira 6 km dari kota singkawang. 

Taman ini tidak hanya menampilkan warna warni dari indahnya bunga dan berbagai macam harum bunga. Namun bunga-bunga ini di rangkai hingga menjadi bentuk hewan endemik Indonesia seperti burung merak. Selain itu ada perahu dayung di danau kecil yang bisa anda naiki dan berkelilng di danau. Anda juga dapat menikmati suasana romantis di padang safana bunga.

Comments