Terpopular

Featured Post

Label

Followers

Skip to main content

7 Tempat Wisata di Makassar

7 Tempat Wisata di Makassar - Tempat wisata di Makassar sangat eksotis terutama pesona pantai dan keindahan bawah lautnya. Kota Makassar adalah ibukota dari provinsi Sulawesi Selatan, Makassar adalah salah satu kota metropolitan di  Indonesia. Ada banyak tempat wisata di Makassar jika anda berlibur di Makassar tidak usah khawatir ingin berlibur kemana. Makassar memiliki urutan kedua di luar Jawa setelah Medan. Ciri Khas dari Makassar salah satunya yaitu coto makassar, pisang ape ,dan lainnya. Jika anda berkunjung ke makassar tidak ada salahnya jika anda mampir ke tempat wisata di bawah ini.

1.Trans Studio Makassar
Trans Studio Makassar merupakan wisata wahana bermain indoor atau di dalam ruangan, sama halnya dengan Trans Studio Bandung. Wisata ini menyuguhkan banyak permainan dan juga parade pada hari-hari tertentu.  Trans Studio Makassar ini di minati oleh warga Makassar , karena wahana yang menantang dan memacu adrenalin anda.

Luas dari Trans Studio Makassar ini sekitar 2,7 hektar, dan mengalahkan luas wahana indoor di korea yaitu Lotter World Korea yang memiliki luas hanya 1,7 hektar. Trans Studio Makassar dapat menampung pengunjung sebanyak 5000 orang.

Trans Studio Makassar memiliki keunikan dalam pembayarannya, yaitu menggunaka teknologi microchip card . Entah bagaimana cara kerjanya , namun alat itu memudahkan kita untuk membayar tanpa membawa uang kontan.

2. Benteng Rotterdam
Benteng Rotterdam , anda pasti mengira bahwa ini benteng peninggalan belanda , di buat oeh orang belanda atau yang lainnya. memang benar ada sejarah belanda dalam Benteng Rotterdam. Sebenarnya nama asli dari Benteng Rotterdam adalah Benteng Ujung Pandang yang di bangun pada masa pemerintahan Raja Gowa ke-14 Sultan Alaudin . Kemudian nama Benteng Ujung Pandang di ubah menjadi Benteng Rotterdam karena perjanjian Bungayya yang salah satunya berisi tentang menyerahkan Benteng Ujung Pandang ke tangan Belanda.

Di Benteng Ujung Pandang ada sebuah museum yang bernama La Galigo, di dalam museum ini terdapat  informasi yang berhubungan dengan sejarah kebesaran Makassar dan daerah-daerah lainnya yang ada di Sulawesi Selatan. Karena perwatan gedung yang baik membuat sebagian semua bangunan masih utuh dan menjadidaya tarik untuk wisata.

3. Pantai Losari

Pantai Losari adalah tempat wisata yang terletak di sebelah barat kota makassar. Dulu, Pantai Losari menjadi pusat perdagangan makanan laut. Karena warung yang ada di losari merupakan warung deret terpanjang di dunia , namun kabar itu hanya rumor dan belum pasti , ditambah sekarang sudah di pindah tempat dagangnya. Salah satu makanan khas Makassar yang sering dijual warung-warung adalah pisang epe , yaitu pisang yang proses pematangannya di bakar kemudian di beri gula merah.

Anda bisa meikmati matahari tenggelam , sambil makan jajanan khas makassar . Namun yang berjualan sekarang berkutang , karena tenda yang digunakan untuk berdagang di pindah di depan rumah jabatan walikota maskassar. Walauapun itu tidak jauh dari pantai losari.

4.Taman Laut Taka Bonerate
Taman Laut Taka Bonerate adalah taman laut yang memiliki atol terbesar ke tiga di dunia , luas total dari atol Taman Laut Taka Bonerate adalah 220.000 hektar . Atol itu apa sih ? Atol adalah kumpulan terumbu karang yang berbentuk melingkar menyerupai cicin yang mengelilingi lagiuna di dalamnya. Bentuk atol di sebabkan oleh gunung api yang kehilangan aktivitas magag kemudian puncaknya tererosi menyisakan terumbu karang yang berbentuk cincin. 

Jika anda memilih melalui jalur udara untuk akses , maka ambilah jam penerbangan dengan waktu kedatangan sepagi mungkin. Kemudian lanjut dengan menggunakan akses darat , bisa mobil atau sepeda motor dan menuju Pelabuhan Bulukumba-Tanjung Bira yang memakan perjalaan sekitar 5 jam. Lalu anda menyebrang dengan kapal ferry menuju selayar yang memakan waktu sekitar 2 jam. Keberangkatan kapal ferry di pelabuhan Bulukumba hanya ada 2 kali , yaitu di pagi hari dan di  siang hari.

5. Pemandian Air Panas Lejja
Pemandian Air Panas Lejja ini terletak di kabupaten sopeng 200 km dari kota makassar , Perairan Panas ini berada di bawah hutan lindung yangberbukit. Jika anda ingin merasakan hangatnya Air Lejja anda dapat membayar 5.000 rupiah untuk orang dewasa , dan 3.500 rupiah untuk anak-anak. Disana sudah di bedakan kolam  untuk anak-anak , dewasa dan Air panas yang tidak boleh di gunakan , karena air ini memiliki suhu yang sangat panas.

Ada sebuah keunikan di Pemandian Air Panas Lejja, orang yang berkunjung terkadang menggantung botol di pohon dekat sumber air panas , bertujuan agar keinginannya tercapai. Bagi anda terserah mau percaya atau tidak. Sumber Air Panas disini memiliki khasiat yang mantap, karena dapat menyembuhkan penyakit kulit , seperti gatal-gatal, jerawat, dan bisa juga menyebuhkan rematik jika terus mandi disini.

6. Danau Tempe
Danau Tempe merupakan danau yang banyak digunakan untuk budidaya ikan tawar , digadang-gadang bahwa Danau Tempe merupakan penghasil ikan tawar terbesar di dunia. Luas dari Danau Tempe ini sekitar 13.000 hektar. Jika anda memiliki hobi memancing anda dapat mengelilingi danau dan membawa alat pancing , di jamin anda akan puas memancing disana. 

Danau Tempe selalu mengadakan sebuah festival yang di adakan setiap tanggal 23 Agustus. Festival ini bertujuan untuk menyucikan danau yang di tandai dengan pemotongan sapi, dan acara ini di pimpin olehketua nelayan. Tidak hanya acara penyembelihan saja, ada acara lainnya agar festival ini berjalan meriah. Seperti omba layang-layang,  kapal hias, tari-tarian, dan masih banyak lagi . Selain bertujuan menyucikan danau , festival ini diadakan untuk menarik para wisatawa.

7. Tanjung Bira
Tanjung Bira adalah wisata pantai yang berpasir putih dan air lautnya berwarna biru. Anda dapat melakukan aktivitas seperti Snorkling , diving , atau berjemur di panas terik matahari untuk mengihtamkan kulit anda. Anda dapat menikmati keindahan Tanjung Bira dengan mergoh kocek sebesar 10.000 rupiah per orangnya.

Tanjung Bira merupakan pantai pasir putih yang cukup terkenal di Sulawesi Selatan. Di Tanjung Bira ada beberpa pantai yang anda bisa kunjungi, pantainya tidak kalah bagus dengan yang lain.

Comments