Terpopular

Featured Post

Label

Followers

Skip to main content

7 Tempat Wisata di Palu

7 Tempat Wisata di Palu - Jika anda mencari tempat wisata di kota Palu tidak perlu cemas, banyak tempat wisata yang di suguhkan di kota Palu , Sulawesi Tengah. Seperti danau, pantai , pegunungan dan lain-lain. Kota Palu terletak di pinggir teluk palu, Jika anda yang berlibur atau sedang mengujungi keluarga . Tidak ada salahnya jika anda berkunjung ke tempat wisat di bawah ini.

1. Sinkhole Pusentasi Donggala
Sinkhole adalah Tempat wisata kolam alami, ada yang mengatakan air ini berasal dari laut . Bisa dikatakan masyarakat mempercayai ada trowongan yang bisa menjuku langsung ke laut palu. Jika anda ingin ke sini akses yang anda tempuh melalui darat dan menggunakan sepeda motor dengan waktu sekitar 45 menit. Banyak juga orang yang berkunjung ke sini menyebutnya sumur laut. Fenomena alam seperti ini memang ada beberapa di dunia, dan salah satunya yang ada di wilayah Sulawesi Tengah ini. Jika anda berkunjung ke pantai di dekatnya, memang kondisinya biasa saja.

Pada saat hari libur nasional, lokasi ini dipenuhi oleh wisatawan sehingga perlu hati-hati saat anda meloncat untuk menceburkan diri. Disarankan untuk berkunjung ke Donggala ini saat hari biasa (weekdays) saja, sehingga anda dapat puas berenang dan beratraksi. Pada waktu seperti itu, biasanya hanya berisi beberapa anak kecil yang merupakan penduduk setempat

2. Pantai Tanjung Karang

Pantai Tanjung Karang Palu
Pantai Tanjung Karang
Pantai Tanjung Karang , letaknya di jauh dari sinkhole pusentasi . Karena lokasinya yang satu kabupaten, yaitu kabupaten Donggala. Anda dapat menuju ke tempat wisata ini dengan menggunakan angkot , sepeda motor atau mobil dengan memakan waktu 1 jam dari pusat kota palu. Ada sebuah penginapan yang dekat dengan Pantai Tanjung Karang , jaraknya hanya 3 Km dari penginapan tersebut .  

Sebelum sampai ke pantai ini , anda dapat melihat keindahan kota palu saat perjalanan menuju kesini. Pantainya yang biru membuat anda betah untuk berenang di pantai ini . Pengunjung juga dapat melakukan snorkeling dan diving, untuk ini pengunjung dapat menyewa peralatan yang telah tersedia ditempat.

3. Pantai Talise
Pantai Talise Palu
Pantai Talise
Kekayan Pantai Indonesia tidak ada habisnya , Pantai talise yang indah dengan pemandangan indah hamparan teluknya ini sangat di minati banyak orang . Karena tak memerlukan biaya untuk masuk tempat wisata ini. Pantai ini sangat cocok untuk di kujungi sore hari . Ketika anda di Pantai Talise anda dapat melakukan akivitas berenang , snork , atau memancing.


Aktivitas di Pantai Talise tidak hanya berhenti pada saat matahari tenggelam saja, karena anda bisa menikmati makanan yang di sajikan pedagang pada malam hari , seperti pisang goreng , dan lainnya. Sehingga anda akan betah lama-lama berada di Pantai Talise.

4. Pulau Pasoso
Pulau Pasoso di kunjungi bukan karena hanya berwisata , anda juga dapat mengamati salah satu biota laut yang langka yaitu penyu. Pulau Pasoso memiliki keindahan bawah laut yang menawan. Pulau ini jug di sebut pulau penyu karena pulau ini digunakan untuk konservasi hewan penyu yang populasinya terancam punah. Anda dapat menuju ke Pulau Pasoso dengan menggunakan perahu motor dan waktu yang di tempuh sekitar 1 jam dari kabupaten Donggala.

Pulau pasoso dapat anda akses melalui beberapa jalur , Namun pasoso memiliki jalur utama dari desa Tumbu. yang letaknya sekitar 108 km dari kota Palu. Kendaraan yang digunakan adalah peahu motor , yang memakan waktu perjalanan sekitar 1 jam . Sekarang sudah ada seperti agen perjalanan yang menuju ketempat ini , karena ramainya penunjung . Sehingga perjalanan anda menjadi lebih mudah.

5. Taman Nasional Lore Lindu
Taman Nasional Lore Lindu adalah taman nasional yang terletak arah selatan 60 km dari kota Palu, Sulawesi Tengah. Taman nasional ini memliki luas sekitar 200.000 hektar . Anda dapat menukan berbagai satwa di Taman Nasional Lore Lindu karena disini habitat dari hewan anoa , rusa, babirusa , dan lain lain. Ada juga satwa burung yang mencapai sekitar 230 jenis. Daya tarik Taman Nasional Lore Lindu yaitu ada batu-batu peninggalan orang jaman purba, terdapat bentuk-bentuk batu yang unik.

Anda akan menemukan serangga yang belum anda pernah lihat disini , baik serangga yang aneh dan cantik.Di Tmana Nasional Lore Lindu ini ada penggalan batu sejarah pada jaman megalit. Di perkirakan usianya sudah ribuan tahun lamanya,  di gadang-gadang bahwa patung-patung itu adalah monumen batu terbaik di Indonesia.

6. Danau Poso
Danau yang memiliki peringkat 3 dengan danau terluas di Indonesia ini terletak di kabupaten poso . Danau ini memiliki Panjang kira-kira 32km dan lebar 16 km. Danau poso berada di ketinggian 657 mdpl. Daya tarik dari Danau Poso adalah keunikannya , Keunikannya yaitu suasananya . Suasannya seperti pantai , ada pasir putih yang berada di tepi danau. Sungguh mengesankan bukan .

Tidak hanya suasananya saja yang seperti pantai , tapi ada efek tambahan ombak yang membuat anda seperti di pantai. Padahal ini danau , jadi anda jangan terkejut dengan danau poso ini. Namun ombaknya tidak terlalu besar , ini di akibatkan oleh hembusan angin yang menuju ketepian. Anda juga dapat melihat ikan kecil-kecil yang bisa anda lihat dari tepian danau .

7. Masjid Arqam Babu Rahman 
Masjid Arkam Babu Rahman Palu
Masjid Arqam Babu Rahman (Masjid Apung), Palu, Sulawesi Tengah . Indonesia, hanya ada dua masjid yang mengapung di pantainya, yaitu Masjid Arqam Babu Rahman yang ada di Pantai Teluk Palu, dan Masjid Amirul Mukminin di Pantai Losari, Makassar. Pada malam hari, kubah Masjid Arkam Babu Rahman ini dihiasi oleh cahaya (lampu) 7 warna yang menarik perhatian. Biasanya wisatawan yang datang berfoto foto di halaman masjid tersebut dan di dalam masjid tersebut tetap dapat digunakan untuk beribadah bagi warga sekitar maupun wisatawan yang datang.

Masjid Arqam Babu Rahman sebenarnya adalah masjid milik perseorangan yang namanya diambil dari nama orang tua dari kedua orang pendiri masjid ini. Para wisatawan yang berkunjung ke Teluk Palu dan Pantai Talise biasa singgah di Masjid Arqam Babu Rahman untuk beribadah atau sekedar berfoto-foto saja. Lebih disarankan untuk mengunjungi Masjid Arqam Babu Rahman ini pada malam hari, sebab  kita bisa melihat 7 warna-warni yang menghiasi kubah masjid ini.

Comments