Terpopular

Featured Post

Label

Followers

Skip to main content

7 Tempat Wisata di Nusa Tenggara Barat

7 Tempat Wisata di Nusa Tenggara Barat - Nusa Tenggara Barat terletak di Keplauan Nusa Tenggara , berdekatan dengan Bali dan Nusa Tenggara Timur . Di Nusa Tenggara Barat hampir mirip dengan Bali dalam bidang wisata, seperti pantai ,pura, wisata alam dan masih banyak lainnya. tidak kalah menarik dengan Bali karena hampir mirip. Khusus wisata Kepulauan Nusa Tenggara saya bahas Provinsinya buka ibu kota dari Provinsinya, karena kebanyakan wisata Kepulauan Nusa Tenggara terkenal dengan nama Provinsinya bukan nama ibu kota provinsinya. Silahkan mampir di tempat wisata yang di bawah ini jika anda sedang berada di Nusa Tenggara Barat.

1. Pura Batu Bolong
Anda berfikir ini pasti tanah lot Bali,  Padahal bukan kawan. Ini adalah Pura Batu Bolong. Kenapa Bernama  Batu Bolong ? Karena ada lubang yang terletak di tengah jalan pura. Seperti jembatan jika kita lihat dari samping. Tempat wisata ini berada di daerah senggigi ,Lombok. Bagi anda yang ingin kesini anda cukup membayar 10.000 rupiah untuk tiket masuknya, dan anda bisa befoto selfie sepuasnya disana.

Di tempat ibadah pasti memiliki sebuah aturan yang harus di taati oleh pengunjung atau yang ingin beribadah, di pura ini anda harus memakai selendang berwarna kuning yang diikatkan pada pinggang dan bagi anda wanita yang mengalami haid atau datang bulan tidak boleh masuk ke Pura.

2. Taman Narmada
Taman Narmada merupakan taman yang terkenal di kawasan lombok , keindaahan dan keasriannya menjadi daya tarik bagi para wisatawa. Disana ada kolam , taman dan mata air yang berasal dari Gunung Rinjani, dan airmata tersebut di beri nama mata air  awet muda. Bagi anda yang ingin memasuki tempat wisata ini, anda cukp membayar 4.000 rupiah per orangnya, sangat murah bukan?


Taman ini merupakan taman yang bangun secara bertahap , dan di butuhkan 8 tahun untuk mebuat taman ini menjadi indah, tepatnya pada tahun 1980 di mulainya perbaikan dan 1988 selesainya parbaikan taman ini. Setelah di perbaiaki atau direskonstruksi taman ini dijadikan cagar alam oleh pemerintah.Sehingga kelestarian Taman Narmada ini dilindungi oleh pemerintah .

3. Air Terjun Sendang Gile
Air Terjun Sedang gile ini terleta di desan senaru, Lombok. Tempat wisata ini masih berada 1 kompleks dengan gunung Rinjani . untuk menuju tempat ini anda harus melalui ratusan anak tangga , cukup 15 menit saja . Sepanjang jalan menuju ke Air Terjun tidak melelahkan , karena sepanjang perjalanan itu pula kita disugguhi pemandangan yang indah . Air Terjun ini juga merupakan track perjalanan menuju puncak gunung Rinjadi di lombok. Air Terjun setinggi 30 meter ini berasal dari smber air gunung Rinjani , pastinya air ini sejuk sekali .


Air terjun ini sering juga di sebut oleh penduduk setempat sebagai Batu Ko’ (batu kerbau). Menerutu legenda yang beredar bahwa Air Terjun Sendang Gile ini digunakan mandi oleh bidadari yang turun dari kayangan.  Namun ada juga versi lain asal usul anam air terjun ini, ada seorang pemburu yang masuk ke hutan dan kemudian tidak sengaja menemukan air terjun ini . Jadi air terjun ini diberi nama sesuai dengan pemburu .

4. Pantai Senggigi
Pantai Senggigi merupakan salah satu tempat wisata yang menarik di lombok, walaupun tidak sepanjang pantai di Kuta Bali , pantai ini tidak kalah saing. jika di Kuta Bali anda pergi kepantai untuk berselancar , di pantai Senggigi anda bisa menikmati pemandangan pantai bawah lautnya karena ombahnya tidak terlali besar. terumbu karang di pantai Senggigi juga masih terjaga, tidak akan kecewa jika anda menyelam di sana. Anda dapat menyewa peralatan snorkling disana .

Anda cukup membutuhkan waktu 30 menit untuk melihat Batu Bolong di pantai ini, dan itu adalah sebuah pura yang di bangun di tepi pantai. Disini juga da cerita rakyat atau legenda yang berkembang, bahwa ada upacara yang di peuntukan untuk mengobarkan wanita perawan untuk hiu penunggu lautan. 

5. Gili Trawangan
Gili Trawangan adalah pulau yang terbesar dai tiga pulau kecil di barat laut lombok. Tempat wisata ini terkenal dengan aktivitas Scuba Diving , snorkling, dan berselancar . Jika anda disana anda tidak  boleh menaiki sepeda motor untuk mengelilingi atau berjalan di pulau Gili Trawang karena aturan lokal disana tidak memperbolehkannya, anda dapat berkeliling dengan bersepeda . Masyarakat disana juga banyak yang menggunakan sepeda .

Gili Trawangan memiliki kelebihan dari segi geografisnya, karen kita dapat melihat indahnya matahari terbit hingga matahari terbenam dan itu semua kita dapatkan di pantai. Gili Trawangan memiliki pantai yang menghadap ke Timur dan ke Barat, dan itupun jaraknya tidak terlalu jauh.

6. Pantai Kuta Lombok
Pantai kuta Lombok ini adalah tempat wisata yang menyuguhkan keindahan alamnya, putihnya pasir, beningnya air laut membuat kita betah disana karena keindaahnya. awalnya pantai ini sepi punjung, setelah adanya promosi dan di bangunnya penginapan, tempat ini menjadi terkenal dan sering di kunjungi banyak wisatawan baik wisatawan manca negara.


Untuk menuju ke pantai kuta lombok , anda dapat memulainya dari kota mataram dengan waktu tempuh sekitar 90 menit menuju arah tenggara. Bagi anda yang ingin disini hingga sore atau malam sebaiknya anda menginap atau menyewa mobil. Karena disini sudah tidak ada angkot mulai jam 3 sore.

7. Danau Segara Anak
Danau segara anak ini adalah Danau dari anak gunung rinjani , karena di  danau tersebut ada gunung kecil yang beada di ujung danau. di sekitar danau, ada juga sumber air panas yang tingkat panasnya berbeda-beda. Anda dapat berendam di Bak alam terbuka dan berenda sepuasnya. di danau ini anda dapat memancing ikan , siapkan alat pancing anda jika ingin kesini . tapi jarang yang orang yang memancing di daerah tinggi . kebanyakan wisatawan datang untuk mendaki.

Di area perkemahan danau segara anak ini ada sebuah pohon tua yang di keramatkan, kata warga sekitar bahwa pohon ini dapat mengabulkan keinginan kita da itu hak anda untuk percaya atau tidak. Biasanya warga yang ingin memohon permintaannya agar di kabulkan dengan cara menggantungkan batu di pohon, lalu mengucapkan permintaannya. Jika anda ingin permohonan anda cepat terkabul maka segarah ambil batu itu lagi .

Comments