Terpopular

Featured Post

Label

Followers

Skip to main content

7 Tempat Wisata di Padang

7 Tempat Wisata di Padang - Kota yang terkenal rendang ini sangat di kenal oleh seluruh indonesia bahkan dunia. Karena rendang menjadi makanan terenak di dunia , makanan  yang kaya santan ini menjadi bumbu utama untuk masakan padang. Bahkan warung-warung yang bertema padang ada di setiap kota . Namun bukan hanya masakannya saja , Padang juga memiliki deretan wisata yang wajib anda kunjungi ketika berada di Padang. Padang merupakan ibukota dari provinsi sumatera barat. Cerita rakyat yang berkembang di Kota Padang adalah cerita tentang malin kudang dan siti nubaya, pasti warga indonesia sudah tau akan cerita rakyat yang terkenal itu . Langsung saja ini dia tempat wisata yang sudah admin rangkum .

1. Pantai Nirwana

Pantai Nirwana Padang
Pantai Nirwana
Pantai Nirwana merupakan salah satu pantai yang bagus di kota padang , juga menjadi wisata favorit bagi kalangan anak muda padang dan warga sekitar. Nama Pantai Nirwana bisa berarti pantai surga. Pantai Nirwana ini sangat ramai apabila hari-hari libur atau weekend . Meskipun ramai pantai ini masih bisa menampung banyaknya wisatawa. 

Selain pasirnya yang ptuih dan air lautnya yang biru, terumbu karang di pantai Nirwana menjadi daya tarik juga. Tidak sedikit wisatawan mancanegara yang datang untuk diving disini .

2. Lembah Harau
Lembah Harau merupakan wisata alam dan juga arena praktek olahraga extrem yang di kunjungi oleh banyak anak muda Sumatera Barat. Lembah Harau ini memiliki ketinggian 100-200 meter. Jika anda disana, anda akan terasa di kepung oleh benteng alami. Tebing yang tinggi ini di manfaatkan sebagai daya tarik berfoto dan sebagai tempat olahraga panjat tebing .

Selain Tebingnya yang tinggi terdapat sawah yang luas , dan menambah daya tarik dari wisata lembah harau ini. Wisata alam ini cocok banget buat anda yang ingin menikmati suasana desa.

3. Pantai Padang
Pantai Padang ini sangat mudah di akses karena tepat di pinggir jalan raya. Jika sudah malam akan banyak anak muda yang berkumpul-kumpul sambil menikmati jagung bakar atau pisang bakar. Pantai Padang juga memiliki wahana bermain anak , jadi jika anda yang memiliki anak yang masih kecil bisa di ajak untuk berwisata ke pantai padang.

4. Danau Singkarak

Danau yang memiliki luas 1.000 hektar ini berada Sumatera barat ini memiliki keindahan dan kekayaan alam . Sehingga danau ini di jadikan salah satu alternatif wisata oleh warga Sumatera Barat. Danau ini juga dimanfaatkan alirannya sebagai pembangkit listik yang berada didekat Lubuk Alung. Ada hewan air endemik dari danau Singkarak, namanya ikan bilih. ikan ini di budidayakan oleh masyarakat sekitar sebagai hasil komoditi atau untuk dimakan. Ikan ini di pelihara di aquarium , kolam hingga jala terapung . Ikan ini dijual di sekitar danau Singkarak dalam bentuk di goreng kering.

Wisata Danau Sengkarak ini bisa dikatakan murah, dan cocok untuk berkumpul keluarga. Air dari Danau Singkarak ini jernih, karena danau ini sangat dalam dasarnya tidak kelihatan . Kedalaman air ini mencapai 268 meter. 

5. Pulau Sikuai

Pulau Sikuai memiliki luas 44,4 hektar, dan merupakan bagian teritorial provinsi Sumatera Barat. Pulau ini dulunya adalah pulau yang makmur sebelum gempa pada tahun 2009 . Keindahan pulau ini hingga dibuatkan buku oleh seorang traveler sejati bernama Ryan Verberkmoes. Pria ini menceritakan keindahan pulau Sikuai . Karena Gempa resort-resort yang ada disana menjadi terbengkalai dan menjadi sarang hewan . 

Pulau ini masih layak untuk di kunjungi , hanya saja bangunan yang tidak terawat tadi membuat efek negatif. Kenapa pulau ini tidak di urus karena ada beberapa permasalahan antara pengelola swasta dan pemerintah yang ribut, tapi entah saat ini. Pulau ini bisa anda kunjungi dengan waktu tempuh 45 menit dari pelabuhan Muara. Wisata ini padahal sudah terkenal di mancanegara karena keindaahannya.

6. Lembah Anai
Lembah Anai adalah sebuah tempat wisata yang memiliki 3 air terjun dan ada salah satu Air terjun juga bernama Air Terjun lembah Anai yang terletak di pinggir jalan. Namun masih ada 2 lagi air terjun, namun letaknya di dalam hutan , jadi akses kesana lebih lama, sehingga banyak wisatawan untuk stay di Air Terjun yang dekat dengan jalan. Jika anda ingin berkunjung ke wisata ini, anda dapat menempuh waktu perjalanan dengan jalan kaki sekitar 15 menit dari lokasi Lebah Anai. untuk menikmati indahnya air terjun di lembah anai , anda cukup membayar tiket seharga 2500 Rupiah per orang.

7. Istana Pagaruyung

Istana Pagaruyung adalah sebuah kerajan yang pernah berdiri di Sumatra dan memiliki nilai sejarah yang tinggi. Nama kerajaan ini di ambil dari nama pohon Nibung dan Ruyung. Dalam asal usul namanya memang ada sangkutannya dengan aksara jawa . Walaupun begitu , bangunan istana ini sangat kental dengan padang , mungkin bisa di katakan mirip dengan icon gambar warung padang yang pada umumnya.

Istana ini pernah mengalami insiden kebakaran pada tahun 2007 silam , namun sudah ada perbaikan. Namun ada beberapa yang berubah pada interior istana ,tapi hanya beberapa saja dan tidak semua. Perbaikan istana paguruyung ini memakan waktu hingga 6 tahun . Istana Pagutuyung letaknya tidak jauh dati kantor bupati.

Comments