Terpopular

Featured Post

Label

Followers

Skip to main content

Keindahan Pulau Beras Basah di Samarinda

Keindahan Pulau Beras Basah di Samarinda - Pulau Beras Basah adalah pulau yang terletak di Selat Makassar. Pemandangan pantai dari pulau dan keindahan bawah laut dari pulau ini akan membuat rasa lelah anda terbayar ketika perjalanan. Disana juga ada sebuah mecusuar yang sudah tidak di gunakan lagi. Anda dapat bermain air seperti berenang , snorkling , keindahan bawah lautnya patut di akui . Jangan lupa membawa bekal karena pulau ini masih alami dan tidak ada penghuninya. Jika anda ingin mencar penginapan, Anda bisa menemukannya di kota Bontang.

Kenapa dinamakan pulau beras basah ? apakah ada beras yang basah disana setiap harinya. Ternyata dulu ada sebuah kapal sumatera yang membawa ribuan ton beras , namun kejadian buruk menimpa kapal dan beras yang di angkut oleh kapal sumatera jatuh ke laut. Akhirnya beras beras itu terdampar dipulau ini dalam keadaan basah karena terkena air laut. Begitulah kenapa dinamakan pulau beras basah.

Dulu Puau Beras Basah dikelola dan dimiliki oleh sebuah perusahaan PT.Badak sebagai sarana liburan karyawannya, namun sekarang sudah di buka untuk masyarakat umum. Pulau ini memiliki luas sekitar 5 hektar, jika berkeliling tidak jauh mungkin tidak lebih dari 1 km untuk berkeliling 1 kali. Ombaknya yang tenang dan biota lautnya yang cantik membuat anda ingin berjalan di bawah laut dan menikmati keindahannya.
  • Aksesibilitas
Akses dari Pulau Beras Basah yaitu menggunakan kapal motor . Sebelum ke pelabuhan Tanjung Laut , anda harus mengakses jalan dari Pusat kota Samarinda menuju ke Pelabuhan di butuhkan waktu sekitar 3 jam perjalanan dengan menggunakan motor atau mobil. Setelah sampai di Pelabuhan Tanjung Laut anda menggunakan kapal motor dengan waktu tempuh sekitar 1 jam , dan itu tergantung besar kecilnya ombak dan cuaca. 
  • Fasilitas
Ada banyak fasilitas yang dapat digunakan oleh pengunjung selama berada di pulau Beras Basah. Ada penyewaan tenda, penyewaan pondok, WC, musholah, warung tenda, dan banana boat. Selain itu di sediakan gazebo yang bisa anda gunakan untuk berganti pakaian , tempat istirahat , dan lain sebagainya.
  • Harga Tiket
-

  • Lokasi
Pantai Beras Basah terletak di Pulau Beras Basah, Bontang Kalimantan Timur

Comments